facebook pixel

TOP AUTOS: Ketum AISI Ajak Produsen Motor Bikin Gebrakan

Ilustrasi motor (Okezone)

Ilustrasi motor (Okezone)

JAKARTA - Penjualan sepeda motor tahun lalu anjok bila dibandingkan dengan 2015. Berdasarkan data penjualan yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tercatat pada 2015, total motor yang terjual sebanyak 6.480.155 unit. Kemudian pada 2016, jumlahnya merosot menjadi 5.931.285 unit.

Ketua umum (ketum) baru AISI, Johannes Loman, memprediksi pasar tahun ini akan flat. Lantas, apa strategi ketum untuk memajukan industri sepeda motor yang saat ini tengah dihadapkan masalah monopoli harga skutik 110-125 cc?

"Kalau saya lihat gini ya industri sepeda motor sangat penting untuk perekonomian kita karena mulai dari supplier atau vendor, juga jaringan, finance company dan sebagainya temasuk truk, ekspedisi, dan bengkel-bengkel di jalan itu efeknya besar sekali. Jadi sebagai Ketua AISI saya berusaha untuk selalu membuat bagaimana anggota-anggota bisa tumbuh secara berkelanjutan," ujar Loman di Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, lanjut Loman, pentingnya para anggota AISI melakukan sebuah gebrakan atau kreativitas tinggi dalam meluncurkan produk-produk baru, memberikan pelayanan, menjaga pertumbuhan, dan tetap menyediakan lapangan pekerjaan.

Sementara terkait strategi yang akan diterapkan kepada anggota AISI, Loman mengatakan tidak ada.

"Saya kira secara khusus enggak ada karena para anggota punya strategi yang berbeda-beda. Jadi kami enggak bisa menyamakan. Berkompetisi juga di segmen yang berbeda-beda. Jadi yang pasti begini, kami harus menciptakan suatu industri yang sehat," pungkas dia. (san)

(ton)
​