Image

Menanti Reaksi Dunia terhadap Uji Coba Rudal Antarbenua Korut

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un memimpin langsung uji coba mesin pendorong roket tipe baru (Foto: Reuters)

Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un memimpin langsung uji coba mesin pendorong roket tipe baru (Foto: Reuters)

MENTERI Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengakhiri rangkaian tur Asia dengan mengunjungi China. Mantan CEO Exxon Mobil itu bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Minggu 19 Maret 2017.

Presiden Xi Jinping memuji upaya Menlu Rex Tillerson Tillerson untuk menciptakan transisi kepemimpinan yang mulus dalam era baru hubungan kedua negara. Keduanya juga sepakat untuk mengesampingkan perbedaan dan bekerja sama terkait isu Korea Utara (Korut).

Menariknya, kunjungan terjadi ketika Korut mengklaim berhasil menguji coba mesin roket dengan daya dorong tinggi tipe baru yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit geostasioner pertamanya. Klaim tersebut diragukan banyak pihak. Pyongyang diyakini kembali menguji coba rudal balistik antarbenua.

Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, menyebut uji coba tersebut sebagai sebuah gelaran hebat dari sejarah yang signifikan bagi industri roket Korut. Ia dilaporkan mengawasi secara langsung uji coba tersebut di fasilitas peluncuran satelit Sohae.

Putra Kim Jong-il itu juga mengatakan dunia akan segera menyaksikan apa arti penting kemenangan besar yang dibawa oleh kesuksesan uji coba tersebut. Jong-un mengklaim uji coba itu akan dikenang sebagai ‘Revolusi 18 Maret’.

(war)
TAG : EA EA
1 / 2
Live Streaming
Logo
breaking news x