Jago Voli, Putra Perempuan Indonesia Ini Berjuang Dapatkan Kewarganegaraan Malaysia

Jia Yi (kiri) dan ayahnya Tan Ban Guan (kanan). (Foto: The Star)

Jia Yi (kiri) dan ayahnya Tan Ban Guan (kanan). (Foto: The Star)

PERAK – Lahir dari ayah berkewarganegaraan Malaysia dan ibu orang Indonesia, Tan Jia Yi belum mendapatkan pengakuan dari negara manapun. Keinginan remaja yang akan beranjak 12 tahun beberapa bulan lagi itu adalah bisa menjadi warga negara Malaysia.  Sayang hal tersebut belum bisa didapatkan, membuatnya terkendala melanjutkan pendidikan.

Ayah Jia Yi, Tan Ban Guan mengungkap, persoalan ini bermula sejak kelahirannya. Setelah sebulan mengumpulkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mengesahkan pernikahannya secara hukum, Departemen Pendataan Nasional Malaysia akhirnya membuatkan janji bagi Ban Guan bahwa mereka bisa mengajukannya di Ipoh pada 26 Juli 2005. Namun apa mau dikata, Tan Jia Yi lahir sehari sebelum surat pernikahan orangtuanya keluar.

“Kebetulan, istri saya masuk ruang persalinan pada hari yang sama. Ketika Jia Yi lahir, semua sudah terlambat. Petugas sudah mau pulang dan kami diminta datang besok lagi, begitulah keesokan harinya kami datang lagi,” ujarnya, seperti dikutip dari The Star, Senin (20/3/2017).

Selain Jia Yi, Ban Guan memiliki tiga anak lain yang semuanya secara otomatis sudah mendapat kewarganegaraan Malaysia. Sekarang tinggal Jia Yi seorang yang perlu mendaftar. Sejauh ini, dia tidak memiliki kewarganegaraan karena ibunya juga tidak pernah mendaftarkan putranya di catatan kependudukan sipil Indonesia.

“Kami sangat mengkhawatirkan masa depannya. Apa yang akan terjadi ketika dia sudah dewasa nanti? Dia tidak akan bisa melanjutkan pendidikannya, maupun mendapatkan pekerjaan tetap yang sah sesuai hukum,” kata Tan menguraikan kekhawatirannya.

(Sil)
1 / 2
Live Streaming
Logo
breaking news x