Lukisan Terkenal Inggris Dirusak di Depan Pengunjung Galeri Nasional

The Morning Walk karya Thomas Gainsborough dirusak di Galeri Nasional, London. (Foto: nationalgallery.co.uk)

The Morning Walk karya Thomas Gainsborough dirusak di Galeri Nasional, London. (Foto: nationalgallery.co.uk)

LONDON – Seorang pria diringkus pihak keamanan dan pengunjung di National Gallery atau Galeri Nasional di London setelah merusak lukisan terkenal “The Morning Walk” dengan menggunakan benda tajam. Meski kanvasnya tidak sobek, tetapi lukisan karya Thomas Gainsborough mengalami kerusakan yang cukup parah.

Kepolisian Metropolitan London mengidentifikasi pelaku sebagai seorang pria yang tak memiliki alamat bernama Keith Gregory berusia 63 tahun. Akibat perbuatannya, dia dituntut dengan tuduhan tindak kriminal perusakan.

Keith melakukan aksinya di ruang 34 pada Sabtu, pukul 14.15 waktu setempat. Menyusul kejadian itu, sayap timur Galeri ditutup selama dua jam dan lukisan yang bernama resmi “Mr and Mrs William Hallett” itu ditarik dari ruang pamer.

“Kerusakan terbatas pada dua goresan panjang yang menembus lapisan cat, tetapi tidak kanvas pendukungnya. Lukisan dipindahkan dari pameran dan diperiksa oleh konservator galeri, yang akan menilai langkah yang akan diambil selanjutnya,” kata juru bicara galeri yang dilansir BBC, Senin (20/3/2017).

Mr and Mrs William Hallett atau yang lebih dikenal dengan nama The Morning Walk adalah karya bapak lukisan lanskap Inggris, Thomas Gainsborough yang dilukis pada 1785. Lukisan itu dibeli oleh National Gallery pada 1954 seharga 30 ribu poundsterling atau setara dengan sekira Rp 12 miliar saat ini dari Lord Rotschild. Harga lukisan itu saat ini diperkirakan mencapai 10 juta poundsterling atau sekira Rp 164 miliar.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x