Densus 88 Tangkap 2 Tersangka Penembakan Warga di Aceh Timur

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar (tengah) saat memberi keterangan pers (Dara Purnama/Okezone)

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar (tengah) saat memberi keterangan pers (Dara Purnama/Okezone)

JAKARTA – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap dua tersangka penembakan dua warga Gampong (Desa) Peunaron Baru, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur. Kedua tersangka berinisial GS alias A dan MJ ditangkap di dua lokasi terpisah di Aceh.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli menuturkan, aksi penembakan terhadap korban Juman dan Wisno pada Minggu 5 Maret 2017, diduga bermotif politik yakni persaingan di Pilkada di Aceh Timur. Tersangka diduga tim sukses calon bupati yang diusung salah satu partai politik, sedangkan korban merupakan tim pemenangan pasangan rivalnya.

"Penembakan dilakukan GS merupakan salah satu tim sukses sebuah partai yang ada di sana. Kemudian kecewa karena hasil pemilu kalah dan kemudian korban diketahui merupakan timses dari salah satu pasangan calon yang ikut kontes Pilkada di sana. (Korban) merupakan timses calon bupati Aceh Timur," kata Boy di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2017).

Berdasarkan penuturan GS dan MJ, pada saat melakukan penembakan, ada pelaku lainnya yang diketahui berinisial A alias C. Keduanya diakui merupakan dalang atau yang memerintahkan kedua tersangka menembak Juman dan Misno.

"A alias C ini masih buron. Kami sedang memburunya," tuturnya.

Tersangka menembak Juman dan Misno menggunakan senjata laras panjang jenis M-16. Akibatnya Jusman terkena di bagian leher. Kemudian, pelaku menembak Misno lagi yang terkena di bagian perut. Penembakan terjadi pada 5 Maret 2017 dini hari di rumah masing-masing korban.

Akibat penembakan itu, kedua korban sempat dirawat di RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh dan sekarang sudah diizinkan pulang. Kedua korban masih dipantau oleh polisi dan akan dimintai keterangan jika kondisinya sudah semakin membaik.

(sal)
Live Streaming
Logo
breaking news x