Ujian Sekolah Penting bagi Siswa

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

PALU – Ribuan siswa SMA di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai hari ini mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) yang akan berlangsung selama empat hari yakni 20–24 Maret 2017. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Irwan Lahace mengatakan, pelaksanaan UAS dilakukan secara serentak di semua kabupaten dan kota di daerah ini.

Ujian sekolah sangatlah penting dalam menentukan kelulusan siswa karena akan ditambahkan dengan nilai ujian nasional (UN), baik UN biasa maupun berbasis komputer. Oleh karena itu, Irwan meminta para siswa untuk mengerjakan soal dengan sebaik mungkin agar hasilnya bagus. Saat menghadapi ujian, siswa harus teliti sebelum menjawab soal-soal yang diujikan.

"Jangan mengerjakan dengan terburu-buru karena bisa merugikan diri sendiri," tutur Irwan.

Ia menambahkan, khusus pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA dan SMK di Provinsi Sulteng pada tahun ajaran 2016–2017, baru ada sebanyak 145 sekolah negeri dan swasta yang siap melaksanakannya.

Secara rinci ada 56 SMA/MA dan 89 SMK yang tersebar di 13 kabupaten/kota di Provinsi Sulteng.

Jumlah sekolah negeri dan swasta yang akan melaksanakan UNBK dan UN kertas/pensil di Sulteng mencapai 517 sekolah, tersebar di seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

Lalu bagi sekolah yang tetap melaksanakan UN biasa di Sulteng tercatat ada 349 SMA/MA dan 168 SMK. Hari pertama pelaksanaan ujian sekolah seperti di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, dan SMA Negeri 4 Palu berjalan lancar.

Materi ujian, kata salah seorang siswa SMA Negeri 2 Palu, tidak sama antara satu sama lainnya. Ada siswa yang mendapat soal ujian pelajaran agama dan pelajaran lainnya. (afr)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x