facebook pixel

Heboh Mobil RI-1 Mogok, Ini Spesifikasi Mercy S600 Guard

(Foto: Setneg)

(Foto: Setneg)

JAKARTA - Belakangan ini mobil kepresidenan RI-1 yang digunakan Joko Widodo menjadi perbincangan. Pasalnya, Mercedes Benz S600 Guard itu mengalami mogok saat digunakan dalam kunjungan kerja di Kalimantan Barat pada Sabtu 18 Maret 2017.

Ini bukan kali pertama mobil 'three point star' itu mengalami mogok saat digunakan Jokowi. Pada September 2016, peristiwa serupa juga terjadi saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Ponorogo, Jawa Timur. Permasalahannya terletak pada setting gas, di mana mobil sulit melaju cepat.

Mobil Mercedes Benz S600 Guard yang digunakan Jokowi merupakan model tahun 2007. Sebagai kendaraan pesanan khusus, tentu mobil premium Jerman itu telah mengalami perubahan dari model standarnya.

Sebagai kendaraan kepresidenan, fitur-fitur dan perangkat keamanan menjadi perhatian khusus. Hal yang pasti, mobil dibuat dari material yang antipeluru, bahkan bom. Tak heran jika bobot mobil jauh lebih berat dibandingkan dengan versi standarnya. Setidaknya ada penambahan bobot minimal 1 ton.

Sehingga tak heran jika kerja sistem penggerak akan lebih maksimal lagi, baik mesin maupun transmisi.

Sebagaimana namanya, Mercy S600 diperkuat dengan mesin 6 liter berkonfigurasi V12. Ada pula tipe 5.513 cc atau 5,5 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 517 sampai 530 hp dengan torsi minimal 830 nm. Torsi sebesar itu merupakan senjata ampuh untuk membantu mobil bergerak dari posisi diam, karena bobotnya begitu berat.

Bobot Mercedes Benz S600 Guard versi standar saja memiliki bobot 2.220 kilogram, apalagi mobil yang sudah ditambahkan dengan pelat antibom.

(ton)
​