facebook pixel

Gugusan Karst Terbesar Kedua di Dunia Pukau Para Risers

Para risers mengunjungi obyek wisata gugusan karst terbesar kedua di dunia di Maros, Sulsel (Foto: Randy/Okezone)

Para risers mengunjungi obyek wisata gugusan karst terbesar kedua di dunia di Maros, Sulsel (Foto: Randy/Okezone)

MAROS - Mengeksplorasi budaya, kearifan lokal, dan "surga tersembunyi" menjadi fokus pelaksanaan Datsun Risers Expedition (DRE) 2, termasuk di etape terakhir di Sulawesi Selatan. Salah satu obyek yang dikunjungi pada Senin 20 Maret 2017 adalah Rammang Rammang di Kabupaten Maros.

Di sini terdapat gugusan karst terbesar kedua dunia yang keeksotisannya tak kalah ciamik dengan yang ada di Vietnam dan China. Untuk menelusurinya harus menggunakan perahu motor di dermaga yang dikelola warga setempat.

Harga sewanya berkisar mulai Rp250 ribu per perahu bergantung daya tampungnya. Menyusuri Sungai Pute, para risers Datsun tidak hanya disajikan oleh gugusan karst, tapi juga deretan mangrove dan nipah di sisi kanan dan kiri sungai.

"Daerah ini dulunya tertutup lautan. Tapi kemudian airnya menyusut dan jadi seperti sekarang ini," terang pengemudi perahu, Abbas.

Destinasi ini merupakan fokus Datsun dalam DRE 2, di mana pelaksanaannya tidak lagi menyoal ketahanan model GO Panca atau GO+ Panca dalam menelusuri berbagai medan. Tapi lebih kepada mendalami lebih jauh kebudayaan dan keindahan nusantara yang tersembunyi.

"Sulawesi Selatan memiliki segalanya, mulai dari 'surga tersembunyi' hingga tradisi yang masih tetap terjaga selama beberapa-abad. Ini juga merupakan tempat yang tepat untuk merasakan performa mobil Datsun," ungkap Christian Gandawinata, head of marketing Datsun Indonesia.

(ton)
​