facebook pixel

Polisi Bolehkan Motor Listrik Roda 3 'Tiger' Digunakan di Jalan, asal...

Polisi membolehkan motor listrik Motec R3 digunakan di jalan raya (Foto: Okezone)

Polisi membolehkan motor listrik Motec R3 digunakan di jalan raya (Foto: Okezone)

SURABAYA - Mobil Tiger Electric Roda Tiga (Motec R3) atau motor listrik roda tiga ‘Tiger’ yang sempat menjadi viral di media sosial (medsos) belum tergolong kendaraan bermotor.

Hal tersebut disampaikan Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Ibnu Isticha kepada Okezone saat dikonfirmasi melalui telefon genggam, Senin 20 Maret 2017 malam. Karena itu, tidak heran jika Motec R3 tidak dilengkapi surat tanda nomor kendaraan (STNK).

"Belum diatur (untuk STNK) karena masih tergolong kendaraan tidak bermotor (Motec R3)," terang Ibnu Isticha.

Namun, sambungnya, kendaraan roda tiga tersebut masih diperbolehkan digunakan di jalan raya. Dengan catatan pengemudinya mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan berhati-hati. Sehingga, aman saat berkendara di jalan raya.

Seperti diketahui, Motec R3 sendiri merupakan buatan China. Kemudian distributor merakitnya di kawasan Rungkut Industri, Surabaya. Selanjutnya Motec R3 dipasarkan oleh Toko Sekar Mulya di kawasan Pasar Turi.

Motec R3 tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp32,5 juta per unit. DI Solo, bahkan harganya mencapai Rp39 juta. Berdasarkan ujic coba, kendaraan ini bisa melaju hingga kecepatan 60 kilometer per jam jika digunakan seorang diri. Namun saat dinaiki tiga orang atau barang yang berat, kecepatan maksimumnya 40 km/jam.

(ton)