Bahas Brexit, UE Bingung Cari Waktu Penyelenggaraan KTT

Proses perceraian Inggris Raya dari Uni Eropa dapat memakan waktu dua tahun (Foto: Yves Herman/Reuters)

Proses perceraian Inggris Raya dari Uni Eropa dapat memakan waktu dua tahun (Foto: Yves Herman/Reuters)

LONDON – Proses perceraian Inggris dengan Uni Eropa (UE) segera memasuki babak baru. Perdana Menteri (PM) Theresa May akan segera menulis pemberitahuan kepada Presiden Dewan Eropa Donald Tusk terkait proses perceraian tersebut secepatnya pada Rabu 22 Maret 2017.

Inggris sebelumnya sudah menetapkan 29 Maret sebagai awal pengaktifan klausul Pasal 50 Traktat Lisbon untuk memulai proses cerai yang memakan waktu dua tahun. Dengan pemberitahuan tertulis itu, Uni Eropa hanya memiliki waktu empat hingga enam pekan untuk segera mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT).

Diwartakan Reuters, Selasa (21/3/2017), sayangnya pemberitahuan tersebut sudah terlambat. UE tidak punya cukup waktu untuk memanggil 27 pemimpin negara Eropa untuk berkumpul pada 6-7 April 2017, tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya untuk KTT.

Sumber dari petinggi UE mengatakan, kemungkinan terbaik untuk menyelenggarakan KTT adalah awal Mei 2017. Persiapan untuk penyelenggaraan juga dipastikan akan terhambat dengan sejumlah hari libur, yakni Paskah pada 16 April dan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.

UE juga berupaya menghindari bentrokan dengan pemilihan Presiden (pilpres) Prancis 2017 yang akan berlangsung dua putaran, yakni 23 April dan 7 Mei. Para petinggi di Brussels, Belgia, lebih memilih untuk menyelenggarakan KTT sebelum masa jabatan Presiden Prancis Francois Hollande habis pada pertengahan Mei.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk sebelumnya menegaskan akan segera mengirim draf panduan negosiasi Brexit selambat-lambatnya 48 jam setelah surat pemberitahuan dari Theresa May kepada 27 negara anggota UE lainnya. KTT nantinya akan mengesahkan panduan terakhir sekaligus mandat bagi negosiator pihak UE, Michael Barnier, untuk segera mengirimkan cara-cara menjalankan negosiasi kepada Dewan Eropa.

Sebelum negosiasi dengan Inggris berlangsung, Dewan Eropa, dalam tingkat menteri luar negeri (menlu) yang duduk di Dewan Urusan Umum (GAC), harus menyetujui rekomendasi dengan menerbitkan petunjuk negosiasi yang mengikat secara hukum untuk Michael Barnier. Menlu negara-negara Eropa sendiri dijadwalkan bertemu pada 16 Mei 2017 di Brussels. Namun, pertemuan tersebut bisa saja dilangsungkan di hari lain.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x