Putri Teman Dekat Mantan Presiden Korsel Ajukan Banding Keputusan Ekstradisi Pengadilan Denmark

Putri teman dekat mantan Presiden Korsel, Chung Yoo-ra. (Foto: Yonhap)

Putri teman dekat mantan Presiden Korsel, Chung Yoo-ra. (Foto: Yonhap)

BRUSSEL - Putri teman dekat mantan presiden Korea Selatan (Korsel) Choi Soon-sil, Chung Yoo-ra, mengajukan banding terkait keputusan ekstradisi yang dikeluarkan Pengadilan Denmark. Chung mengajukan permohonannya tersebut ke Pengadilan Negeri Aalborg pada Jumat 17 Maret.

Sebagaimana diwartakan Yonhap, Selasa (21/3/2017), langkah Chung tersebut diambil tepat setelah kantor kejaksaan mengumumkan akan segera mengirimnya kembali ke Korsel. Chung Yoo-ra dicari pihak berwenang Negeri Ginseng atas dugaan keterkaitan dalam skandal yang menjerat mantan presiden Park Geun-hye dan ibunya.

Putri Choi Soon-sil tersebut ditangkap di Aalborg, Denmark utara, pada Januari 2017. Hingga kini masih belum jelas kapan sekiranya sidang banding Chung akan digelar. Di sisi lain, pengacara Chung, Peter Martin Blinkenberg, meninggal dunia pada Jumat malam minggu lalu.

Sebelumnya, dilaporkan beberapa mantan profesor dan profesor yang masih aktif dari Ewha Womans University telah ditangkap dan didakwa atas dugaan menyalurkan 'dukungan' dari hasil korupsi.

Sementara itu, ibu Chung kini tengah menjalani proses peradilan. Mantan presiden Park sendiri dijadwalkan akan menjalani interogasi pada hari ini waktu setempat. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x