Mantan Presiden Korsel Didesak Ungkapkan Kebenaran Skandal Korupsi

Mantan Presiden Korsel, Park Geun-hye. (Foto: Yonhap)

Mantan Presiden Korsel, Park Geun-hye. (Foto: Yonhap)

SEOUL - Partai-partai politik besar di Korea Selatan (Korsel), mendesak Mantan Presiden Park Geun-hye untuk mengungkapkan kebenaran. Sebagaimana diketahui, Park Geun-hye menjalani pemeriksaan hari ini di Kantor Jaksa Central District Seoul.

"Mantan Presiden Park harus meminta maaf kepada rakyat dan berjanji untuk mengungkapkan kebenaran," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat, Woo Sang-ho sebagaimana dikutip dari Yonhap, Selasa (21/3/2017).

Anggota salah satu partai besar di Korsel tersebut menduga kedatangan Park ke kantor kejaksaan tidak dilatarbelakangi ketulusan, melainkan hanya karena perempuan berusia 65 tahun tidak punya pilihan lain. Sebagaimana diketahui, Park sebelumnya tak pernah bersedia diperiksa secara sukarela.

"Saya berharap (dia) akan tulus menghadapi penyelidikan jaksa, seperti bagaimana dia telah bertindak sejauh ini, dan berdiri di sebuah sidang bersejarah," tambah Woo.

Pernyataan Woo tersebut keluar tepat setelah Park Geun-hye menyampaikan permintaan maafnya di hadapan publik.

Senada dengan Woo, pelopor partai, Moon Jae-in juga mendesak mantan Presiden Park mengakui kesalahan dan meminta pengampunan rakyat.

"Kami berharap mantan Presiden Park akan tahu bahwa mengungkapkan semua kebenaran dan meminta pengampunan adalah sesuatu hal berharga yang bisa ia lakukan untuk rakyat," terang Juru Bicara Moon Jae-in, Park Kwang-on.

Sementara itu, partai pengusung Park Geun-hye, Partai Saenuri, menolak mengomentari pemeriksaan kadernya itu. Salah satu anggota Saenuri, Chung Woo-taik mengatakan, pihaknya dan rakyat sama-sama sedih dengan apa yang menimpa Park.

"Tidak hanya saya tapi semua orang pasti merasa sedih karena kembali harus melihat seorang mantan presiden meminta maaf untuk yang keempat kalinya. Saya sungguh-sungguh berharap tragedi seperti ini tidak akan pernah terulang lagi," Jelas Chung.

Kemudian partai konservatif Bareun, mendesak jaksa melakukan penyelidikan secara menyeluruh dan adil terhadap Park. Mereka berharap jawaban Park nantinya akan mampu mengakhiri semua masalah yang terjadi di Korsel.

"Kami berharap ia akan menghadapi interogasi dengan tulus dan mengungkapkan kebenaran yang obyektif yang bisa diterima semua orang. Itu akan menjadi hal yang paling bisa ia lakukan sebagai mantan presiden yang menyebabkan semua masalah ini terjadi," kata Juru Bicara Partai Baerun, Oh Shin-hwan. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x