Image

Pemerintah Akan Berikan Santunan kepada Keluarga Patmi Peserta Cor Kaki yang Meninggal Dunia

Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki (foto: Sindo)

Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki (foto: Sindo)

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan kepada jajarannya agar jenazah Patmi (48), seorang petani yang melakukan aksi cor kaki agar segera dipulang‎kan ke kampung halamannya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki di Kompleks Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).

"Tadi Pak Presiden sudah minta kami untuk mengurus kepulangannya, tapi tadi sudah diurus," kata Teten.

Teten menjelaskan, bahwa izin tambang yang ditolak oleh para demonstran merupakan kewenangan dari Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranomo.

"‎Saya sampaikan begini. Itukan memang Pemda punya kewenangan buat itu, tidak semua ‎sambutannya dari Presiden," imbuhnya.

‎Pemerintah tengah menunggu rampungnya Kajian Lingkungan Hidup starategis (KLHS) yang tengah di‎lakukan oleh tim independen guna mengambil sikap untuk mencabut atau tidaknya izin tambang dari PT Semen Indonesia.

"‎Kan ini saya sedang minta Kementerian Lingkungan Hidup membuat opini hukum, dan bisa, coba baca UU Lingkungan Hidup, itukan dari kementerian aja tidak harus Presiden. Tapi kan ini sebentar lagi juga KLHS selesai, ini saya ingin semua kita nanti titik temunya atau rujukannya kembali ke KLHS, nanti seperti apa pertimbangan-pertimbangannya," lanjut Teten.

"Karena KLHS kan aspek pure pertimbangan politik, sosial dan ekonominya. Nah walaupun misalnya izin itu udah dicabut atau izin lingkungannya udah dikeluarkan, tapi kan tuntutan merekanya sudah didengar, operasi semennya, operasi penambanangan kapur-kapurnya itu kan dihentikan dulu‎," tambahnya.

Teten mengaku berduka atas tewasnya Patmi dan memastikan bahwa ibu paruh baya yang tengah menyampaikan aspiranya itu akan mendapat bantuan dari pemerintah. "‎Iya nanti diberikan santunan juga ya," tandasnya.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x