LSI Denny JA: Anies-Sandi Ungguli Ahok-Djarot di Pemilih Medsos Facebook

Survei LSI (foto: Reza/Okezone)

Survei LSI (foto: Reza/Okezone)

 

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis temuan survei pengguna media sosial, terkait pilihannya terhadap calon gubernur dan wakil gubernur dalam perhelatan Pilkada DKI 2017.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, mengungkapkan, sebanyak 58,90% responden menyatakan bahwa mereka aktif menggunakan medsos‎ untuk mengikuti perkembangan pesta demokrasi lima tahunan Ibu Kota. Adapun masyarakat yang tidak aktif di medsos sebesar 40,50%.

"Pengaruh media sosial terasa semakin kuat karena pengguna ini mengaku bahwa mayoritas mereka tetap mengikuti perkembangan pilkada meski di hari tenang menjelang pencoblosan," kata Rully di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/3/2017).

Ia menerangkan, di saat kandidat dan tim resmi dilarang berkampanye lagi, berita dan isu upgrading ataupun downgrading tetap diproduksi dan diperbincangkan di medsos.

"Sebesar 75,2% responden menyatakan bahwa mereka tetap aktif ikuti berita pilkada di hari tenang. Hanya 11,5% yang menyatakan bahwa mereka tak aktif lagi menggunakan medsos ketika masa tenang," ujar Rully.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, berdasarkan temuannya, facebook merupakan medsos yang paling populer dan paling banyak digunakan. Pemilih Jakarta yang mengaku punya akun aplikasi buatan Mark Zuckerberg ini sebesar 57,80%.

Kemudian, di urutan kedua aplikasi instagram disebut banyak digunakan oleh konstituen.

"Sebesar 39,30% responden menyatakan mereka memiliki akun instagram. Twitter adalah medsos terbanyak ketiga yang digunakan oleh pemilih. Sebesar 17,20% responden mengaku punya akun twitter," ungkap Rully.

Lebih dari itu, Rully menyebutkan bahwa paslon Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengungguli paslon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dalam perolehan suara pemilih di medsos jenis facebook.

"Dari mereka yang pemain facebook (total pemain facebook 57,80%), Anies-Sandi memperoleh dukungan sebesar 47,58%. Sementara Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 43,93%. Dukungan Anies-Sandi justru lebih tinggi di pemilih yang tidak menggunakan facebook," tutur Rully.

Di pemilih yang tidak punya akun facebook, Rully menerangkan bahwa dukungan terhadap paslon nomor urut tiga itu sebesar 50,54%. Sementara itu, dukungan terhadap paslon nomor urut dua sebesar 40,8%.

Survei terhadap pengguna medsos oleh LSI Denny JA dilakukan pada 27 Februari-3 Maret 2017 di Jakarta. Survei ini dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden sendiri dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error survei ini plus minus berada pada angka 4,8%.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x