Rasain! Gelar Razia Palsu, Dua Anggota Brimob Gadungan Ini Ditangkap

MEDAN – Personel Intel Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumatera Utara, menangkap dua orang pemuda bernama Chandra (22) dan Indra Lesmana (23), dari bilangan Jalan Juanda, Kota Medan, Minggu 19 Maret 2017 malam.

Warga Jalan Perjuangan, Kecamatan Medan Perjuangan, Kota Medan itu, ditangkap karena menyalahgunaan seragam polisi untuk menggelar razia liar. Padahal keduanya sama sekali bukan personel kepolisian.

Kasi Intel Brimob Polda Sumut, Kompol Kris Sianturi, mengatakan penangkapan keduanya bermula dari kecurigaan jajarannya yang melihat keduanya melakukan razia tanpa menggunakan plank razia.

Personel intel kemudian mendatangi kedua polisi gadungan yang menggunakan atribut Brimob itu. Mereka pun tak dapat menunjukkan dokumen keanggotaannya. “Mereka lalu kita bawa ke Mako Brimob untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kompol Kris, Selasa (21/3/2017).

Kris menyebutkan, dari hasil pemeriksaan terhadap keduanya, diketahui bahwa kedua polisi gadungan itu telah beroperasi menggunakan seragam polisi sejak Februari 2017. Mereka pun telah beberapa kali melakukan razia, termasuk di jalan-jalan raya yang terbilang sering dilalui personel Polisi.

“Pengakuan mereka, awalnya mereka membuat baju polisi untuk foto-foto saja. Mereka menjahitkan baju tersebut ke seorang penjahit yang tak jauh dari rumah mereka. Tapi ternyata aksi mereka itu berkembang ke arah pemerasan dengan modus razia itu. Dan itu berlangsung terus-menerus sampai mereka kita tangkap,” jelasnya.

Kris mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap kedua polisi gadungan itu. Polisi juga mengamankan uang tunai senilai Rp90 ribu, yang diduga hasil pemerasan dari kedua polisi gadungan tersebut. “Sekarang mereka kita tahan di Mako Brimob,” tandasnya.

(fas)
TAG : BRI
Live Streaming
Logo
breaking news x