Waspada! Modus Penculikan Libatkan Anak-Anak sebagai Pancingan

Ilustrasi penculikan (Foto: Sutterstock)

Ilustrasi penculikan (Foto: Sutterstock)

BANDA ACEH - Percobaan penculikan anak di bawah umur mulai terjadi di Aceh. Beragam modus dilakukan pelaku untuk mendapat buruannya. Bahkan, sampai-sampai memakai jasa anak-anak sebagai pancingan.

Seperti kasus percobaan penculikan terhadap siswi di SD Negeri 24 Lampineung, Gampong (Desa) Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Seorang siswi kelas 6 SD, Quratun Aini (12) nyaris diculik saat hendak pulang sekolah.

Kapolsek Kuta Alam, AKP Syukrif mengatakan, peristiwa percobaan penculikan dilakukan seorang pria tidak dikenal dengan ciri-ciri berkulit sawo matang sekira berumur 40 tahun, wajah bulat dan tinggi diperkirakan 155 sentimeter.

"Saat pulang sekolah di dalam perkarangan sekolah SD Negeri 24 (Lampineung), siswi tersebut diajak oleh orang yang tidak dikenal dengan modus disuruh jemput dengan orangtuanya. Akan tetapi siswi tersebut tidak mau dikarenakan tidak mengenali orang itu," kata Kapolsek Kuta Alam di Banda Aceh, Selasa (21/3/2017).

AKP Syukrif menambahkan, orang tidak dikenal itu juga membawa seorang anak berseragam sekolah. Diduga upaya tersebut dilakukan pelaku untuk meyakini calon korban atau dengan maksud untuk memancing korbannya agar menuruti perintah pelaku.

Polisi menerima laporan dari masyarakat pagi tadi. Menurut pelapor, kejadian berlangsung 20 Maret 2017 kemarin saat jam pulang sekolah. Kasus ini, diharapkan menjadi pelajaran agar pihak sekolah lebih peduli dan melakukan tindakan antisipatif terhadap murid.

Kemudian, tidak mudah percaya kepada seseorang yang menjemput pulang sekolah juga menutup peluang penculik beraksi.

"Bagi para orangtua jangan sepenuhnya melepas anak-anaknya ke pihak sekolah. Apapun ceritanya kita sebagai orangtua yang harus lebih peduli kepada anak. Juga jangan pernah telat menjemput anak sepulang sekolah. Sekalipun telat tolong ada upaya untuk komunikasi dengan pihak sekolah," ujarnya.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x