Image

Pelaksanaan USBN di 950 Sekolah di Riau Berjalan Lancar

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

PEKANBARU - Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengklaim pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA sederajat di sekira 950 sekolah pada wilayah setempat berjalan lancar tanpa kendala berarti.

"USBN itu ujian akhir sekolah nilainya akan masuk dalam rapor dan ijazah," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Kamsol kepada Antara saat mengikuti Diklat PIM II di LAN, Selasa (21/3/2017).

Kamsol mengemukakan untuk pelaksanaan USBN tahun ajaran 2016/2017 sudah dibawah kewenangan Pemprov Riau.

"Sejauh ini belum ada laporan kendala pelaksanaan USBN di Pelaksaan di SMA dan SMK serta SMA Luar Biasa," terang Kamsol.

Menurut Kamsol USBN dilangsungkan sejak Senin 20 Maret hingga Kamis 23 Maret 2017.

Sedangkan mata pelajaran yang diujikan adalah Agama, Biologi, Geografi, Sejarah Indonesia, Pkn, Kimia, Sosiologi, Fisika dan Ekonomi.

Ia menambahkan untuk USBN mulai tahun ini soal dibuat oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

"Sesui dengan mata pelajaran yg akan diujiankan ditambah 25 persen soal dari pusat dan kisi- kisi nya," katanya.

Ditanya pelaksanaan bagi wilayah terdampak banjir di Riau seperti Pelalawan, Kampar dan daerah lainnya. Kamsol memastikan sejauh ini USBN tingkat SMA sederajat tidak terganggu.

"Untuk SMA dan SMKnya masih lancar saja dan tidak ada sekolah yg terkena dampak banjir. Mungkin yang berpengaruh untuk SD barangkali tetapi saat ini mereka belum UAS," tambahnya.

Disisi lain Staf Wakil Kurikulum SMAN 1 Pekanbaru Fitri Anita, didampingi Wahyu Ninggi Budi Astuti mengakui pelaksanaan USBN di lingkungannya berjalan lancar sejak hari pertama hingga kini.

Walau ada dua anak yang tidak ikut ujian sejak hari pertama karena mengalami kemalangan keluarga terdekat meninggal, mereka bisa ikut susulan.

"Pelaksanaan lancar tidak ada kendala, ada 309 murid SMAN 1 ikut ujian sejak Senin," ujar Fitri Anita.

Lancarnya ujian sebut Fitri terlihat dari berita acara dan pengakuan pengawas serta siswa. Walau ada sempat satu pertanyaan soal Geografi ditemukan meragukan siswa. Setelah dilihat guru mata pelajaran bisa diatasi.

"USBN sampai Kamis semoga semua siswa bisa mengikuti dan meraih nilai tertinggi," harapnya.

Tahun lalu siswa SMAN 1 lulus 100 persen, tahun ini pihak sekolah menargetkan hal yang sama.

Dijumpai antara salah satu peserta didik SMAN 1 kelas 12 IPA 4, Prawira Ditra mengakui bisa mengikuti dan menjawab semua soal yang diujikan sekolah.

"Pertanyaannya mudah-mudahan dapat dijawab semua, rata-rata soalnya sudah pernah dipelajari dan dibahas," katanya singkat.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x