Presiden AS Donald Trump Terima Kunjungan Dua Pemimpin Negara Pekan Ini

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menerima kunjungan penting pemimpin negara pekan ini. Setelah menerima kunjungan Presiden Mesir Abdel Fattah el Sisi pada 3 April 2017, Trump akan menjamu Presiden China Xi Jinping pada 6-7 April 2017.

Pertemuan Trump dan Sisi akan banyak berfokus pada perbaikan hubungan kedua negara yang sempat renggang selama masa pemerintahan pendahulu Trump, yaitu Barack Obama. Renggangnya hubungan kedua negara disebabkan pergantian kekuasaan di Mesir dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilakukan rezim Sisi.

Mesir telah lama menjadi sekutu AS di kawasan Timur Tengah dan menerima bantuan militer sebesar USD1 miliar setiap tahunnya. Bantuan tersebut diberikan guna mendukung Kairo untuk menghadapi kelompok militan di Sinai yang telah menewaskan ratusan tentara dan polisi Mesir.

Namun, hubungan kedua negara memburuk setelah Sisi, yang saat itu masih menjabat sebagai jenderal, melakukan kudeta untuk menggulingkan Presiden Mohammed Morsi pada 2013. Barack Obama yang saat itu menjabat sebagai Presiden AS bahkan membekukan bantuan militer kepada Mesir selama dua tahun setelah peristiwa itu.  

Pertemuan kali ini adalah yang pertemuan kedua Trump dan Sisi setelah sebelumnya mereka bertemu di New York pada September 2016. Kala itu, Trump yang masih berkampanye sebagai calon presiden menyatakan dukungannya terhadap Sisi.

(dka)
1 / 2
Live Streaming
Logo
breaking news x