Jauh Dari Gedung Putih, Trump Terima Kunjungan Presiden China di Florida

Presiden China Xi Jinping akan bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump pada 6-7 April 2017. (Foto: Reuters)

Presiden China Xi Jinping akan bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump pada 6-7 April 2017. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Pada 6-7 April 2017, Presiden China Xi Jinping akan memenuhi undangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk melakukan pertemuan membahas berbagai isu antara kedua negara. Namun, berbeda dengan pendahulunya, Presiden Trump tidak akan menerima kedatangan Presiden Xi di Gedung Putih, melainkan di resornya yang terletak di Palm Beach, Florida, Mar a Lago.

Ini adalah kedua kalinya resor bergaya Spanyol itu menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan tingkat tinggi antara dua kepala negara sejak Trump menjabat sebagai Presiden AS. Sebelumnya, pada Februari, Mar a Lago yang didapuk sebagai Gedung Putih musim dingin oleh Trump telah menerima lawatan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe.

Pemilihan Mar a Lago dianggap tepat untuk menerima kedatangan Presiden Xi Jinping karena memberi suasana yang berbeda dengan di Gedung Putih. Dengan itu, diharapkan pembicaraan antara kedua presiden dapat berjalan lebih santai dan pertemuan berakhir dengan sukses.

“Saya berpikir Mar a Lago mungkin membantu mendorong percakapan antara keduanya. Presiden Trump dapat menunjukkan resor kepada Presiden Xi, menunjukkan arti dari tempat itu. Trump sangat bangga akan tempat itu dan Presiden Xi akan tertarik melihat semua itu,” kata Duta Besar AS untuk China, Max Baucus.

Selain isu mengenai perdagangan, pertemuan Trump dan Xi diperkirakan juga kan bayak membahas mengenai masalah Korea Utara (Korut), situasi di Semenanjung Korea serta hubungan AS dan China. Namun, sulit diprediksi apakah nantinya Trump akan dapat mengubah sikap China terhadap Korut.

(dka)
TAG : Gedung Putih
1 / 2
Live Streaming
Logo
breaking news x