Tiba di Florida, Presiden China Disambut Hangat Menlu AS

Presiden China, Xi Jinping DAN Menlu AS, Rex Tillerson. (Foto: Getty Images)

Presiden China, Xi Jinping DAN Menlu AS, Rex Tillerson. (Foto: Getty Images)

FLORIDA - Presiden China, Xi Jinping akhirnya tiba di Negeri Paman Sam dan mendarat di West Palm Beach, Florida. Kedatangan Presiden Negeri Tirai Bambu tersebut disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Xi Jinping mengunjungi AS untuk menggelar pertemuan dengan Presiden Donald Trump. Pertemuan tersebut rencananya akan membahas isu perdagangan dan terkait Korea Utara (Korut).

"AS memiliki hubungan yang kurang baik dalam bidang perdagangan dengan China. Dan hal itulah yang nantinya akan kami bicarakan," ujar Presiden Trump beberapa waktu lalu sebagaimana dilansir Telegraph, Jumat (7/4/2017).

Pertemuan tersebut diketahui berlangsung di resor Mar a Lago di Palm Beach, Florida. Pemilihan Mar a Lago dianggap tepat karena memberi suasana yang berbeda dengan di Gedung Putih. Berdasarkan hal tersebut diharapkan pembicaraan antara kedua pemimpin negara itu bisa berjalan dengan lebih santai dan berakhir dengan sukses.

Namun, sebelumnya pihak China dilaporkan sempat ragu untuk bertemu Trump di Florida karena merasa Mar a Lago tidak memiliki simbolisme yang penting seperti Gedung Putih. Namun, akhirnya Beijing berhasil diyakinkan bahwa pertemuan di lokasi itu pantas dan bermanfaat untuk digelar.

Sejak menjabat sebagai presiden AS pada Januari 2017, Trump telah mengumumkan Mar a Lago sebagai Gedung Putih di musim dingin tempat dia melakukan pertemuan-pertemuan kenegaraan. Resor bergaya Spanyol itu telah digunakan untuk menjamu sejumlah tamu negara, termasuk saat menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada Februari. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x