Pertemuan Positif, Trump Minta China Hentikan Program Nuklir Korut

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping usai pertemuan di Mar a Lago, Palm Beach, Florida, 7 April 2017. (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping usai pertemuan di Mar a Lago, Palm Beach, Florida, 7 April 2017. (Foto: Reuters)

PALM BEACH - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta Beijing bertindak lebih banyak untuk menghentikan program senjata nuklir Korea Utara (Korut) saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Palm Beach, Florida. Ini adalah pertemuan resmi pertama Trump dengan Presiden Xi Jinping sejak Presiden AS itu dilantik pada Januari 2017.

Meski hubungan China dan AS belakangan ini tidak bisa dikatakan mesra, pertemuan kedua pemimpin negara pada Jumat, berlangsung dalam suasana yang positif. Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Rex Tillerson yang berbicara usai pertemuan puncak AS-China di resor Mar a Lago itu mengatakan, Presiden Xi setuju untuk untuk meningkatkan kerjasama untuk mengendalikan program nuklir dan rudal Korut.

Selain membahas isu program nuklir Korut, pertemuan Trump dan Presiden Xi juga membahas sejumlah isu lain seperti isu perdagangan, ekonomi, militer, serta perluasan kerjasama di bidang-bidang lainnya.

“Kami telah memiliki pengertian yang lebih mendalam dan membangun kepercayaan. Saya yakin kami akan tetap berkembang dengan stabil untuk membentuk sebuah hubungan yang bersahabat. Demi kedamaian dan kestabilan dunia, kami juga akan memenuhi tanggung jawab sejarah kami,” kata Xi Jinping sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (8/4/2017). Hal itu diamini Trump yang mengatakan setuju 100 persen atas penyataan kompatriotnya itu.

Menlu Tillerson mengatakan, kedua presiden sangat jujur dan terus terang dalam membahas berbagai permasalahan yang ada pada hubungan China-AS. Walau masih ada perbedaan pendapat, mereka sepakat untuk tetap saling menghormati.

Setelah pertemuan yang serius, Trump mengajak Xi Jinping berjalan-jalan di taman bergaya Spanyol Mar a Lago yang menjadi kebanggaannya. Keduanya tampak berbincang dan bercakap-cakap dengan akrab.

Dalam pertemuan tersebut, Trump juga menerima undangan Xi Jinping untuk melawat ke China dalam waktu dekat. Mereka sepakat untuk menggelar dialog AS-China dengan kedua presiden berperan sebagai ketua forum.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x