facebook pixel

Mobil Listrik Pertama Volvo Diproduksi di China

Platform Volvo (Carscoops)

Platform Volvo (Carscoops)

SHANGHAI - Perusahaan mobil asal Swedia, Volvo, berencana memproduksi mobil listrik pertamanya di pabrik Luqiao, China Tenggara. Volvo akan mengeluarkan pengumuman resmi pada akhir April bersamaan dengan pameran automotif Shanghai Auto Show. Mobil listrik pertama Volvo sudah ditetapkan meluncur pada 2019.

Model listrik yang sampai sekarang belum diketahui namanya itu akan dibangun di atas platform compact modular architecture (CMA). Platform tersebut hasil pengembangan anak perusahaan Volvo bernama Lync & Co. Nantinya, model listrik akan diproduksi bersebelahan dengan SUV XC40 dan crossover Lync & Co’s 01.

Sebagaimana dilansir Carscoops, menurut salah seorang sumber, mobil listrik Volvo akan menjadi all new model. Namun sayang, tidak disebutkan gaya bodinya apakah sedan, hatchback, SUV, atau lainnya.

Pada waktu yang bersamaan, Volvo juga berencana mengembangkan monbil listrik yang didukung oleh platform scalable product architecture (SPA). Platform yang sama juga digunakan untuk membangun S90 dan XC60. Dengan adanya rencana pengembangan mobil listrik baru, maka akan membantu Volvo mencapai tujuannya membuat 1 juta mobil listrik pada 2025.

Dilaporkan sebelumnya, mobil listrik pertama Volvo akan dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas hingga 100 kWh. Sampai saat ini, Volvo masih menyimpan rapat daya jangkau mobil bila menggunakan baterai dengan kapasitas tersebut. (san)

(ton)