facebook pixel

Ada Ayla Terbaru, Bagaimana Nasib Sirion?

Daihatsu Sirion (Okezone)

Daihatsu Sirion (Okezone)

BANDUNG - Daihatsu Sirion pertama kali meluncur di Indonesia pada 2007, sedangkan mobil LCGC Ayla baru masuk 2013. Secara tren penjualan keduanya berbeda, Ayla lebih unggul ketimbang Sirion.

Pasar city car di luar LCGC memang mengalami penurunan, hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh Daihatsu saja tapi juga merek lain. Rata-rata penjualan retail Sirion berada di angka 200-300 unit per bulan.

"Sirion rangking 3 (segmen city car) cuma memang pasar city car turun terus," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, di Bandung, Jawa Barat.

Namun, hadirnya Ayla terbaru diyakininya tidak akan menggerus Sirion mengingat keduanya memiliki sasaran pasar yang berbeda.

"Sebenarnya beda kelas, yang namanya Sirion secara konsumen beda. Kalau Ayla pembeli pertama kalau Sirion agak lebih mahal dan spesifikasinya lebih bagus," terang dia.

Melihat pasar Sirion yang turun, Amel mengungkapkan belum ada rencana membawa atau menyegarkan tampang mobil yang menyasar kaum muda itu.

"Belum sampai sekarang, karena yang bikin bukan kami (ADM) itu mobil dari Malaysia. Di sana saja belum ada penyegaran," pungkas dia.

Untuk diketahui sejak Sirion hadir sudah mengalami beberapa kalu penyegaran, terakhir dilakukan pada 2015. ADM melakukan perubahan minor pada eksterior dan interior. Kemudian pada awal 2016 Sirion Sport diluncurkan. Sesuai namanya, mobil ini hadir dengan tampilan luar yang lebih sporty dari model standar. (san)

(ton)
​