facebook pixel

Daihatsu: Tak Ada Dukungan Leasing, Pasar Mobil Sulit Berkembang

Ilustrasi pameran mobil (Okezone)

Ilustrasi pameran mobil (Okezone)

BANDUNG - Banyaknya kasus non performing loan (NPL) atau kredit macet membuat perusahaan pembiayaan (leasing) saat ini lebih selektif memberikan persetujuan kredit kendaraan kepada para nasabah. Akibatnya tak semua konsumen bisa mewujudkan keingin mereka membeli mobil.

Hal ini menyebabkan penjualan retail kendaraan secara nasional pada kuartal pertama 2017 mengalami penurunan sebesar 5 persen.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) APM mobil Daihatsu di Indonesia memiliki strategi khusus dalam menghadapi permasalahan tersebut.

"Yang bisa dilakukan kami mencoba untuk mencari konsumen yang sesuai dengan ekspektasi leasing. Mereka mengharapkan konsumen yang berkualitas. Tahun lalu soal uang muka (down payment/DP) masih ada yang kami sebut subsidi DP, tapi sekarang tidak boleh sama sekali," ujar Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra, di Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Karena DP naik, lanjut Amel, banyak konsumen yang tidak bisa memenuhi pembayaran sehingga dianggap leasing tidak layak mendapat fasilitas kredit kendaraan. Masing-masing leasing memiliki data berbeda-beda terkait masalah NPL. Begitu pula soal kenaikan DP, masing-masing segmen dan brand punya strategi. Secara umum saat ini DP naik antara 30-40 persen.

"Kami sebagai pemegang brand berharap kondisi ini cepat berlalu karena kalau tidak ada dukungan leasing tentu saja pasar mobil Indonesia akan sulit untuk berkembang. Kalau sulit, teman-teman sales akan sulit mendapat order," ujarnya.

Rudy Wiseno, perwakilan dari Astra Credit Companies (ACC), yang juga salah satu rekanan leasing untuk mobil Daihatsu, membenarkan bila terjadi peningkatan NPL. Oleh karena itu pihaknya selalu melakukan survei berulang-ulang kepada konsumen.

"Kami lebih selektif, survei berulang-ulang, data tambahan dan lainnya sehingga ada tarik-ulur, surat pemesanan kendaraan (SPK) yang seharusnya sudah diproses akhirnya delay," jelasnya. (san)

(ton)
​