facebook pixel

BMW Seri 5 Raih Rating 5 Bintang Uji Tabrak Eropa

BMW Seri 5 raih rating 5 bintang uji tabrak Euro NCAP (Euro NCAP)

BMW Seri 5 raih rating 5 bintang uji tabrak Euro NCAP (Euro NCAP)

BERLIN - BMW Seri 5 dengan kode bodi G30 resmi meluncur akhir tahun lalu. Generasi terbaru dari Seri 5 ini baru saja menjalani sesi uji tabrak yang dilakukan European New Car Assessment Programme (Euro NCAP). Hasilnya sangat memuaskan, di mana sedan premium asal Jerman itu mendapat rating kemananan tertinggi atau bintang lima.

Secara rinci diungkapkan bahwa BMW Seri 5 memperoleh nilai 91 persen untuk kategori perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak memperoleh nilai 85 persen. Selain itu, Euro NCAP juga melakukan penilaian terhadap perlindungan pejalan kaki atau pengguna jalan raya, hasilnya adalah 81 persen.

Euro NCAP menyebutkan hasil ini dikarenakan Seri 5 sudah menggunakan beberapa fitur keselamatan standar. Dua di antaranya adalah kap aktif dan pengereman otomatis.

"BMW telah merancang Seri 5 baru dengan memiliki banyak sistem yang dapat membantu pengemudi. Saya percaya Euro NCAP akan mengubah aturan keamanan di tahun-tahun yang akan datang," ujar Sekretaris Jenderal Spesialis Keamanan Euro NCAP, Michiel van Ratingen, seperti dikutip dari Carscoops.

BMW all new Seri 5 sudah lebih dulu harid di Malaysia dan dilaporkan akan masuk Indonesia. Mobil ini memiliki beberapa pilihan jantung penggerak, yakni mesin empat silinder berkapasitas 2 liter dengan bahan bakar bensin dan diesel. Ada juga mesin enam silinder 3 liter yang juga tersedia dengan pilihan bahan bakar bensin dan diesel.

BMW Seri 5 memiliki beberapa pesaing, yakni Mercedes Benz E Class, Audi A6, dan Volvo S90.

(ton)
​