facebook pixel

Mobil Futuristis VW I.D. Crozz Lahir di Shanghai, Ini Penampakannya

Mobil konsep Volkswagen I.D. Crozz diperkenalkan di Shanghai Auto Show 2017 (Autoexpress)

Mobil konsep Volkswagen I.D. Crozz diperkenalkan di Shanghai Auto Show 2017 (Autoexpress)

SHANGHAI - Seolah ingin menebus kesalahan terkait skandal emisi pada produk bermesin dieselnya, Volkswagen (VW) secara agresif memperkenalkan jajaran-jajaran mobil ramah lingkungan bertenaga murni listrik.

Di ajang Shanghai Auto Show 2017, VW memperkenalkan crossover I.D. Crozz. Ini merupakan anggota ketiga dari keluarga mobil listrik VW I.D. setelah I.D. hatchback dan I.D. Buzz minibus.

Ukuran mobil ini lebih besar dibandingkan hatchback lima pintu I.D. concept yang diperkenalkan tahun lalu, yakni panjang 4.625 milimeter dan lebar 1.891 mm.

Dikutip dari Autoexpress, kapasitas mobil hanya mengangkut empat orang sehingga memberikan keleluasaan di kabin. I.D. Crozz dibangun menggunakan sasis baru berteknologi MEB yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik VW. Overhang-nya pendek namun wheelbase panjang memberikan ruang lebih di interior. Selain itu bagasi berukuran 515 liter bisa menampung barang lebih banyak.

Sementara itu, desain interiornya tampak masih mengadopsi dari I.D. hatchback dan I.D. Buzz. Lampu utama menggunakan LED animasi yang juga berperan untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya. Bedanya, lampu utama kini terhubung dengan garis lampu depan, sehingga animasi yang tersaji bisa berubah-ubah dan riil.

Ada empat pintu sebagai akses masuk-keluar penumpang. Pintu depan dibuka secara normal, sedangkan pintu belakang menggunakan motode sliding.

Mobil ini diperkuat dua motor listrik. Satu berada di depan dengan kekuatan 75 kW dan satu lagi, 150 kW, memutar roda belakang. Kombinasi keduanya mampu menghasilkan tenaga setara 302 bhp. Dalam kondisi baterai penuh, I.D. Crozz bisa menjelajah 496 kilometer. Mobil ini bisa melaju hanya menggunakan sistem pengerak roda belakang. Namun dalam kondisi tertentu seperti di medan berat, motor listrik di depan bisa diaktifkan.

Satu lagi, bukan mobil futursitis namanya kalau tidak pakai teknologi otonom. Jika dioperasikan sepenuhnya menggunakan komputer, setir kemudi bisa disembunyikan ke dalam dasbor.

Mobil jajaran keluarga I.D. versi produksi pertama sepertinya baru akan dipasarkan pada 2020. Tampaknya I.D. hatchback yang lebih siap.

(ton)
​