facebook pixel

Alasan Suzuki Indomobil Pakai Transmisi Otomatis AGS pada Ignis

Suzuki Ignis (Foto: Okezone)

Suzuki Ignis (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mobil urban SUV Suzuki Ignis yang diluncurkan di Indonesia menggunakan pilihan sistem transmisi otomatis AGS. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia sengaja menggunakan transmisi AGS, bukan CVT seperti lazim digunakan oleh mobil perkotaan di Indonesia.

4W Marketing Director SIS Donny Saputra menjelaskan, penggunaan AGS memiliki keuntungan tersendiri. Jenis transmisi ini bisa dioperasikan secara manual dan otomatis, sehingga menjadi kelebihan tersendiri bagi Ignis.

Sebagai informasi AGS juga digunakan pada Karimun Wagon R dan SIS menganggap jenis transmisi ini bisa diterima dengan baik.

"Ini adalah bagian dari strategi fitur dari kami. Kami percaya bahwa transmisi AGS ini sangat diterima oleh masyarakat. Secara advantage, sudah kami terangkan pada saat kami meluncurkan Karimum Wagon R, jadi mempunyai dua pilihan, bisa dikendarai manual atau matik, itu menjadi strategi pilihan dari Suzuki," jelas Donny, belum lama ini.

Perbedaan Ignis di Indonesia dan India

SIS mendatangkan Ignis secara utuh atau completely built up (CBU) dari India. Meski demikian spesifikasi Ignis yang dipasarkan di India berbeda dengan Indonesia.

"Standar di India dan Indonesia berbeda. Regulasi di India dan Indonesia beda. Sebagai informasi kalau di India menggunakan BS 3 (setara Euro3), kalau di tempat kita masih Euro2. Jadi spesifikasi bahan bakar dan emisi juga beda," terang Donny.

Perbedaan lain, lanjut dia, ada di fitur infotainment yaki head unit touch screen. Jika di India fitur ini sudah menjadi standar pabrikan, namun di Indonesia masih pilihan.

"Perbedaan yang kelihatan mencolok adalah di India di interior, touch screen sudah mandatory, tapi di Indonesia touch screen atau head unit itu merupakan optional melalui SGA (Suzuki Genuine Accesories). Kenapa begitu tentunya ini merupakan bagian dari strategi penjualan produk kami," pungkasnya.

(ton)
​