facebook pixel

Kerennya Mobil Konsep F1 Renault untuk 2027

Mobil konsep F1 Renault R.S. 2027 (Motor1)

Mobil konsep F1 Renault R.S. 2027 (Motor1)

SHANGHAI - Renault menunjukkan penampakan mobil visi Formula One (F1) untuk musim 10 tahun mendatang di ajang Shanghai Auto Show 2017. Tampak banyak perubahan dibandingkan dengan mobil yang digunakan saat ini.

Mobil konsep F1 bernama R.S. 2027 dengan bobot 600 kilogram itu mampu menghasilkan tenaga 1.340 hp. Rasio antara tenaga dan bobot yang mencapai 2:1 ini baru pertama kali ditemukan pada dunia autosport.

Tenaga disalurkan ke empat roda. Tampaknya R.S. 2027 ditenagai dengan mesin konvensional berukuran kecil, namun didukung dengan sistem baterai yang mampu memasok tenaga lima kali lebih besar dibandingkan dengan mobil F1 saat ini.

Soal desain kokpit, Renault tetap memperhatikan keselamatan pembalap dengan penggunaan pelindung, kanopi, serta helm yang transparan. Sehingga para penonton masih tetap bisa melihat wajah pembalap kesayangan mereka saat berlaga.

Perangkat keselamatan lainnya adalah dua 'pop up' roll bar titanium yang dapat aktif saat terjadi kecelakaan.

Managing Director Renault F1 Cyril Abiteboul mengatakan, pihaknya akan mengantisipasi setiap regulasi baru yang akan diterapkan di grand prix musim-musim selanjutnya. Hal ini sangat berkaitan dengan desain mobil.

"Salah satu peran Renault Sport Racing adalah untuk mengantisipasi masa depan F1 itu sendiri," kata dia, seperti dikutip dari Motor1.

Untuk itu pihaknya tetap menerima masukan dari komunitas para penggemar F1. "Kami berharap dapat mengambil inspirasi dari hasil percakapan dengan komunitas balap di masyarakat dan penggemar melalui mobil konsep ini sehingga dapat memenuhi ide dan keinginan kita," pungkasnya.

(ton)
​