Menteri Kehakiman Turki: Mahkamah Konstitusi Akan Tolak Perlawanan terhadap Referendum

Foto Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag (Foto: Reuters)

Foto Menteri Kehakiman Turki, Bekir Bozdag (Foto: Reuters)

ANKARA – Menteri Kehakiman Turki mengatakan akan menolak berbagai penolakan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi terkait referendum yang semakin menguatkan kekuasaan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (20/4/2017), Partai CHP mengklaim tengah mempertimbangkan untuk mengajukan penolakan referendum tersebut ke Mahkamah Konstitusi Turki atau European Court of Human Right (ECHR). Pertimbangan itu muncul usai komisi pemilihan Turki menolak keberatan yang diajukan oleh CHP dan partai-partai oposisi lainnya.

“Jika oposisi membawa permohonan ke Mahkamah Agung, mahkamah tidak memiliki pilihan lain selain menolaknya. Mereka juga dapat mengajukan ECHR, tapi tidak akan mendapatkan hasil di sana juga karena perjanjian yang Turki tanda tangani tidak memberikan hak pengajuan kepada partai,” ujar Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag kepada media A Haber.

Terkait referendum tersebut, pengamat pemilihan Eropa mengeluarkan laporan yang mengkritik keputusan komisi pemilihan yang mengizinkan surat suara yang tidak diberi label tetap dihitung.

Bozdag mengkritik laporan tersebut dengan menyatakan referendum Turki dilakukan di bawah undang-undang darurat. Ia juga menambahkan, laporan dari pengamat pemilihan Eropa itu kurang adil dan objektif.

(emj)
TAG : Tol
Live Streaming
Logo
breaking news x