Image

India Larang Mobil Pejabat Miliki Rotator

Rotator seperti inilah yang kerap ada di mobil para pejabat India (Foto: NDTV)

Rotator seperti inilah yang kerap ada di mobil para pejabat India (Foto: NDTV)

NEW DELHI – Pemerintah India dilaporkan mulai menghapus budaya elite di kalangan pejabatnya dengan melarang adanya rotator di mobil-mobil milik pejabat. Tidak hanya kendaraan para menteri, mobil milik perdana menteri hingga petinggi negara lain juga ikut dilarang memiliki rotator.

Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Kamis (20/4/2017) dari 1 Mei 2017, rotator merah atau yang lebih dikenal dengan nama Lal Batti, akan dilarang dari semua kendaraan pejabat. Hanya mobil pelayanan darurat, seperti ambulans, pemadam kebakaran, mobil polisi, yang diperbolehkan menggunakan rotator berwarna biru.

“Kami menghapus peraturan yang mengizinkan pemerintah negara bagian dan pusat menggunakan lampu (rotator) merah. Dari 1 Mei, tidak ada kendaraan yang memiliki lampu merah. Tidak ada pengecualian,” ujar Menteri Keuangan, Pertahanan, dan Urusan Perusahaan, Arun Jaitley.

Sejak lama dilaporkan, para pejabat India kerap memanfaatkan rotator di mobil mereka untuk melewati kemacetan. Lalu lintas di India justru semakin diperparah akibat hal tersebut. Media di India mewartakan, pejabat India di kota-kota kecil juga acap kali menggunakan rotator untuk memamerkan posisi mereka di depan orang-orang biasa.

Keputusan juga disambut hangat oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi. “(Peraturan) itu seharusnya hilang sejak lama sekali. Senang pada hari ini sebuah awal yang kuat telah dibuat,” tulis Modi di akun Twitter-nya.

(emj)
TAG : india india
Live Streaming
Logo
breaking news x