Image

TOP FILES: Begini Riwayat Gasing, Mainan Tertua di Nusantara

Permainan gasing (Foto: SINDO)

Permainan gasing (Foto: SINDO)

TENGOK deh di berbagai sudut kota di Indonesia. Kebanyakan kini anak-anak zaman sekarang sudah jarang yang bersentuhan dengan permainan tradisional. Yang ada, justru lebih banyak yang keranjingan pegang gadget, ya!

Malah ada saja anak-anak zaman sekarang yang menganggap kalau mainan tradisional itu ‘kampungan’. Yang begini ini suatu saat, mungkin jadi faktor- yang dikhawatirkan, akan membuat beragam permainan tradisional nusantara bakal punah.

Sebelum kekhawatiran itu terjadi (dan semoga tidak terjadi), baiknya kita kenali dulu yuk, 1 permainan tradisional yang konon tertua di negeri kita. Permainan dengan benda kecil yang diputar kencang dengan seutas tali.

Ya! Anda betul jika menjawab gasing. Di beberapa tempat, mainan ini kadang disebut gangsing. Soal nama memang beragam sih. Di masyarakat Betawi kalau enggak gangsing, disebutnya panggal.

Di Lampung namanya pukang, di Kalimantan Timur namanya begasing, di Maluku disebutnya Apiong, di Nusa Tenggara Barat namanya Maggasing sebagaimana masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan.

Sementara masyarakat Sulawesi Utara menyebutnya paki, di Jawa Timur dikenalnya dengan sebutan kekehan. Adapun di Yogyakarta, kalau dibuatnya dari bambu disebutnya gangsingan dan kalau terbuat dari kayu namanya pathon.

Bentuknya pun bervariasi. Ada yang kerucut, silinder, ada pula yang seperti piring terbang dengan beraneka ragam bahan, mulai dari kayu, bambu, hingga plastik.

Jenisnya pun beda-beda lho. Ada gasing untuk dimainkan adu bunyi, adu putar, hingga adu hantam!

Terlepas dari variasi bentuk, jenis hingga penyebutan, berbagai sumber mengatakan inilah permainan tertua yang ada di negeri kita. Mainan ini bahkan sudah eksis sebelum kolonialis Belanda datang ke nusantara.

Uniknya, selain jadi mainan anak-anak, gasing juga kadang dijadikan “media” bagi orang-orang dewasa untuk main judi dan meramal nasib. Buat yang ini, jangan ditiru ya!

(raw)
TAG : TOP
Live Streaming
Logo
breaking news x