Kapal Nelayan Terbakar di Aceh, Tiga Awak Alami Luka Bakar

Kapal nelayan terbakar di Aceh (Foto: Rayful Mudasir)

Kapal nelayan terbakar di Aceh (Foto: Rayful Mudasir)

BANDA ACEH – Satu unit kapal motor milik nelayan di Dermaga Lampulo, Banda Aceh terbakar sore tadi. Akibatnya, tiga orang awak mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Salah seorang saksi mata di lokasi kejadian, Harmaini (37) mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi sekira pukul 17.00 WIB terhadap KM Sinar Jaya 7. Awalnya terdengar suara ledakan dari dalam kapal, kemudian berangsur tiga orang yang berada di dek bawah keluar dengan kondisi luka bakar serius.

“Mereka berlari keluar satu per satu keluar dari dek. Orang yang ketiga langsung loncat ke sungai, dua orang lain membentangkan diri di luar kapal,” kata Harmaini kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (20/4/2017).

Ketiga orang tersebut mengalami luka bakar di sekujur tubuh terkecuali bagian wajah dengan kondisi hanya memakai celana tanpa baju. Kulit korban menurut saksi, dalam kondisi terkelupas akibat sengatan api tersebut.

Mereka kemudian dilarikan warga sekitar ke rumah sakit tersekat. Tidak diketahui ke mana korban dibawa, namun menurut saksi, ketiganya dibawa masyarakat sekitar menggunakan becak motor secara berpencar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, Ridwan mengatakan, petugas menerjunkan tiga armada pemadam kebakaran termasuk satu mobil tangki air ke lokasi kejadian untuk memadamkan kapal berdaya 90 GT tersebut.

“Kejadian diduga saat orang kapal sedang memperbaiki mesin generator, mungkin terjadi korsleting sehingga memicu ledakan,” kata Ridwan.

Api yang sempat muncul dari bagian dek mesin tersebut berhasil dipadamkan sekira 30 menit setelah kejadian. Saat ini, tim pemadam kebakaran masih berjaga di lokasi mengantisipasi terjadinya ledakan susulan. Meski begitu, awak kapal masih mengeluarkan sisa air setelah dipadamkan petugas.

KM Sinar Jaya 7 baru dua hari bersandar di Dermaga Lampulo, Banda Aceh. Rencananya dua hari mendatang, kapal yang menggunakan Pukat Langgar ini kembali melaut di perairan Aceh.

(Ari)
Live Streaming
Logo
breaking news x