Berbagai Beasiswa dan Keuntungan Kuliah di Swedia, Mau?

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Swedia menjadi salah satu negara di benua Eropa yang belum banyak dilirik oleh pelajar internasional sebagai destinasi studi. Padahal, peluang beasiswa di sana cukup banyak. Bahkan, banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh mahasiswa.

Konsultan Pendidikan dari Nordic Student Service, Titi Holmgren menyebut, setiap tahun tawaran beasiswa kuliah di kampus Swedia cukup banyak.

"Sejumlah beasiswa yang bisa dikejar, yaitu Swedish Universities, Swedish Institute, Erasmus Mundus, EIT Grant, dan Dikti atau LPDP," tuturnya disitat dari laman Universitas Brawijaya (UB), Jumat (20/4/2017).

Titi menjelaskan, penduduk lokal Swedia sangat welcome dengan mahasiswa asing. Dan yang paling penting, lanjut dia, biaya kuliah dan hidup di sana terjangkau.

"Untuk teman-teman mahasiswa disabilitas, tidak perlu khawatir karena pemerintah Swedia juga memberikan akses untuk mahasiswa disabilitas yang difasilitasi secara langsung oleh pihak kampus," ucapnya.

Bagi yang ingin mendapat pengalaman kerja, mahasiswa internasional berpeluang untuk mengikuti magang atau summer course. Sedangkan perkuliahan di sana menggabungan courses dan research, namun sebagian besar materi perkuliahan tersebut berupa eksekusi penelitian.

"Selain itu bagi mahasiswa yang ingin mengambil studi magister di sana, maka akan lebih difokuskan pada satu subjek saja dan tidak seluas subjek yang ditawarkan seperti di Indonesia," tandasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x