Wow, Aplikasi Buatan Alumnus UGM Raih Juara Dunia dari Google

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Mengembangkan startup kini menjadi tren di kalangan anak muda. Baru-baru ini, salah satu startup buatan alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) mampu menjuarai kompetisi dunia yang dihelat oleh Google.

Hebatnya, aplikasi yang diberi nama 'Pasienia' itu berhasil menyisihkan 468 aplikasi lainnya dari berbagai negara di dunia. CEO Pasienia, Fadli Wilihandarwo mengungkapkan, seleksi kompetisi bertajuk Google Business Group (GBG) Stories berlangsung cukup ketat.

"Dengan kemenangan ini kami diberikan kesempatan untuk bergabung dalam Google I/O Conference di Mountain View, California pada pertengahan Mei 2017," ucapnya dinukil dari laman UGM, Kamis (20/4/2017).

Dia menjelaskan, Pasienia adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang menghubungkan antar pasien yang sedang dalam masa pengobatan. Manfaat dari aplikasi ini, yaitu memberikan informasi terkait penyakit yang diderita berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari dokter.

"Lewat timeline pasien, para pasien dengan penyakit yang sama bisa saling curhat dan memotivasi satu sama lain. Sementara melalui timeline dokter, pasien juga dapat berkonsultasi dengan dokter secara online," terangnya.

Pasienia, lanjut Fadli, mulai dikembangkan bersama tiga temannya ketika masih kuliah di UGM pada 2015. Saat ini, aplikasi tersebut telah dirilis di play store dengan lebih dari 7.000 pengguna dan mendapatkan rating pengguna 4,2.

"Hingga kini terdapat sekira 3.500 interaksi antar pengguna yang saling berkomunikasi lewat aplikasi ini," pungkasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x