Raih Beasiswa ke Swedia, Ini Syaratnya!

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Swedia memberikan berbagai tawaran beasiswa bagi mahasiswa internasional. Nah, bagi yang ingin beasiswa penuh kuliah di sana, skema pembiayaan dari pemerintah Swedia, yakni Swedish Institut menjadi pilihan yang paling tepat.

Beasiswa ini akan menanggung keseluruhan biaya yang dibutuhkan, meliputi full tuition fee, living cost, dan tiket pulang pergi satu kali.

"Persyaratan untuk beasiswa tersebut yakni pada saat ingin apply maka waktunya harus bersamaan, kira-kira dua minggu setelah deadline application university admissionnya," ucap Konsultan Pendidikan dari Nordic Student Service, Titi Holmgren, dilansir dari laman Universitas Brawijaya (UB), Kamis (20/4/2017).

Dia menjelaskan, beasiswa ini digunakan untuk menempuh studi S-2. Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan, yakni CV, motivation letter, dan letter of recommendation. Para calon penerima beasiswa juga wajib memiliki skor IELTS 6,5 dan IPK minimal 3,00.

"Sedangkan untuk program PHd, Swedia membebaskan sepenuhnya biaya dan justru menggantinya dengan membayar mahasiswa setiap bulannya, program PHd ini akan lebih mudah didapatkan bagi mahasiswa yang sudah mengambil studi S-2 nya di swedia," paparnya.

Tata cara pendaftaran beasiswa ini dilakukan di universitas di bagian admission central system. Calon mahasiswa diberi kesempatan maksimal empat kali apply di universitas berbeda pada setiap periode.

"Usahakan memastikan subject yang akan dipilih adalah yang masih memiliki keterhubungan dengan subjek sudah diambil pada jenjang sebelumnya," tandasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x