Trotoar Sisi Selatan Gedung Putih Ditutup untuk Publik

Trotoar sisi selatan Gedung Putih yang berada di depan air mancur akan ditutup untuk publik (Foto: Getty Images)

Trotoar sisi selatan Gedung Putih yang berada di depan air mancur akan ditutup untuk publik (Foto: Getty Images)

WASHINGTON – Dinas Keamanan Rahasia Amerika Serikat (AS) mengumumkan penutupan akses trotoar yang berada di depan Gedung Putih. Keputusan itu diambil dalam rangka peninjauan ulang prosedur keamanan lingkungan tempat tinggal sekaligus kantor Presiden AS tersebut.

Penutupan dilakukan setelah insiden penyusupan seorang pria yang melompat pagar sehingga berkeliaran di kompleks Gedung Putih selama 16 menit. Beruntung, Presiden Donald Trump yang berada di dalam tidak mengalami bahaya. Dua agen dinas keamanan rahasia yang bertugas saat itu langsung dipecat.

Seperti dimuat BBC, Jumat (20/4/2017), pembatasan tersebut membuat akses warga untuk melihat lingkungan Gedung Putih dari sisi selatan, mundur sejauh 25 meter (m) dari tempat semula. Sisi tersebut adalah tempat paling ideal untuk melihat megahnya Gedung Putih tanpa terhalang pepohonan rindang.

Direktur Komunikasi Dinas Rahasia, Cathy Milhoan mengatakan, titik pemandangan masih berada di tempat yang sama. Hanya, titik aman untuk melihat Gedung Putih sedikit dimundurkan. Pagar keamanan yang lebih tinggi juga akan dibangun pada 2018. Pihak Gedung Putih saat ini sedang mempertimbangkan opsi pembangunan tersebut.

Barikade pengamanan kedua sempat dibangun pada 2014 di sisi utara setelah seorang penyusup berlari hingga pintu masuk Gedung Putih sambil membawa sebilah pisau. Insiden tersebut menyebabkan perempuan Direktur Dinas Keamanan Rahasia pertama, Julia Pearson, mengundurkan diri.

(war)
TAG : Gedung Putih
Live Streaming
Logo
breaking news x