Erdogan Klaim Akan Kunjungi Donald Trump Bulan Depan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

ANKARA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengklaim akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump di Washington pada Mei mendatang. Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) itu menambahkan, kunjungan kenegaraan tersebut sedang dalam pembahasan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada Rabu 19 April, kedua pemimpin negara itu akan bertemu sebelum KTT NATO di Brussels, Belgia, pada 25 Mei. Seperti dimuat Belfast Telegraph, Jumat (21/4/2017), kemungkinan besar kunjungan berlangsung pada 16 atau 17 Mei.

Presiden AS Donald Trump mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Erdogan lewat sambungan telefon pada Senin 17 April atas kemenangannya dalam referendum konstitusi. Keduanya juga membahas perkembangan di Suriah dalam sambungan telefon tersebut.

Hubungan antara Erdogan dengan Trump terjalin dengan cukup baik. Sebelumnya, mantan Gubernur Istanbul itu dua kali menelefon Donald Trump dalam jangka waktu tiga bulan yakni ketika politikus Partai Republik itu terpilih sebagai presiden pada 8 November 2016 dan usai pelantikan pada 20 Januari 2017.

Meski demikian, Gedung Putih belum berkomentar terkait klaim Erdogan tersebut. Hubungan AS dan Turki mengalami pasang surut dalam masa-masa terakhir pemerintahan Presiden Barack Obama terkait keberadaan Fethullah Gulen di Pennsylvania. Ulama terkemuka Turki itu dituduh sebagai dalang kudeta militer pada 15 Juli 2016 yang berujung dengan kegagalan.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x