Image

Rouhani Melaju, Ahmadinejad Didiskualifikasi sebagai Capres Iran

Presiden petahana Iran Hassan Rouhani (Foto: Reuters)

Presiden petahana Iran Hassan Rouhani (Foto: Reuters)

TEHERAN – Presiden petahana Iran, Hassan Rouhani, disetujui untuk maju sebagai salah satu kandidat dalam pemilihan presiden (Pilpres) 19 Mei mendatang. Mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad yang ikut mengajukan diri, didiskualifikasi dari pencalonan.

Presiden petahana Hassan Rouhani dan rival beratnya Ebrahim Raisi mendapat dukungan penuh dari Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Dukungan tersebut memuluskan langkah keduanya untuk maju sebagai capres yang dikukuhkan oleh Dewan Perwalian yang setengahnya ditunjuk Khamenei.

Sang pemimpin tertinggi sebelumnya juga sudah menyarankan agar Mahmoud Ahmadinejad yang pernah menjabat selama dua periode, untuk tidak kembali maju sebagai capres. Diwartakan Reuters, Jumat (21/4/2017), diskualifikasi Ahmadinejad tersebut tetap memunculkan pertanyaan.

Kriteria seorang capres yang dipakai oleh Dewan Perwalian menjadi perhatian utama. Dengan tidak direstuinya Ahmadinejad maju sebagai capres, semakin mengukuhkan pandangan bahwa Dewan Perwalian hanya menjadi kepanjangan tangan dari Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Hassan Rouhani dan Ebrahim Raisi akan menghadapi dua isu utama sebagai capres, yakni perjanjian nuklir Iran dan peningkatan perekonomian. Sayangnya, warga Iran tidak akan bisa mengetahui program keduanya karena debat kandidat tidak akan dilangsungkan atas pertimbangan keamanan.

Iran tampaknya ingin belajar dari tragedi unjuk rasa besar-besaran pada 2009 yang menelan belasan korban jiwa. Unjuk rasa digelar setelah terjadi kekacauan saat Ahmadinejad terpilih untuk kedua kalinya. Karena itu, Kejaksaan Negeri Iran tidak ingin hal serupa terjadi kembali.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x