Menlu Retno: Pesan Kartini Masih Relevan untuk Perempuan Indonesia

Menlu Retno LP Marsudi dan Wamenlu AM Fachir beserta jajaran staf Kemlu RI mengenakan pakaian adat untuk memperingati hari lahir RA Kartini. (Foto: Twitter Kemlu)

Menlu Retno LP Marsudi dan Wamenlu AM Fachir beserta jajaran staf Kemlu RI mengenakan pakaian adat untuk memperingati hari lahir RA Kartini. (Foto: Twitter Kemlu)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI) Retno LP Marsudi turut memperingati hari lahir Raden Ajeng (RA) Kartini. Kamis (21/4/2017), Menlu Retno bersama Wamenlu AM Fachir dan jajaran pegawai Kemlu mengenakan pakaian adat saat berkantor.

Festival pakaian adat saat peringatan hari lahir RA Kartini sendiri telah menjadi tradisi di Tanah Air.

Sumber: Twitter @Portal_Kemlu_RI

Sementara itu, melalui akun YouTube Kemlu TV, Menlu Retno juga menyampaikan pesan dalam memperingati hari lahir RA Kartini. Menlu bercerita, beberapa hari lalu ia diminta untuk membaca salah satu surat dari Kartini yang ditulis pada 1902. Surat itu, kata Retno, menceritakan keinginan Kartini pergi belajar ke Belanda agar saat kembali ke Tanah Air, Kartini bisa membawa ilmu itu untuk mencerdaskan kehidupan bangsanya. Sayangnya, keinginan Kartini tersebut tidak pernah terwujud hingga akhir hayatnya.

"Saya sebagai penerus Kartini merasa bangga. Dengan semangat yang dibawa Kartini, kebetulan saya mendapatkan kesempatan bersekolah di Belanda. Dan sebagai diplomat, saya dua kali diberi kesempatan bertugas di KBRI Den Haag. Dan yang terakhir adalah saya menjadi duta besar perempuan yang pertama di Belanda," ujar Retno.

Wanita asli Semarang itu menambahkan, jika menelaah isi surat-surat Kartini kepada para sahabatnya, maka pesan-pesan yang ditulis ratusan tahun lalu itu kini masih relevan. Misalnya, ujar Retno, pesan mengenai masalah perpajakan, kebhinekaan, bahayanya narkoba dan hal lainnya.

"Itu mencerminkan kecerdasan seorang perempuan Indonesia, Raden Ajeng Kartini," imbuh Retno.

Sumber: YouTube Kemlu TV

Tak lupa, Menlu Retno pun mengucapkan selamat memepringati hari lahir Raden Ajeng Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia.

"Semoga semangat kemajuan dan kecerdasan yang dibawa oleh Raden Ajeng Kartini dapat dibawa dan diteruskan oleh seluruh perempuan Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebuah negara yang lebih baik bagi semua," pungkasnya.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x