Akhiri Lawatan di Indonesia, Wapres AS Terbang ke Australia

Wapres AS Mike Pence dan istrinya, Karen, bertolak ke Sydney usai menuntaskan kunjungan dua hari di Jakarta, Indonesia, Jumat 21 April 2017. (Foto: Twitter Mike Pence @VP)

Wapres AS Mike Pence dan istrinya, Karen, bertolak ke Sydney usai menuntaskan kunjungan dua hari di Jakarta, Indonesia, Jumat 21 April 2017. (Foto: Twitter Mike Pence @VP)

 

JAKARTA - Wakil Presiden Amerika Serikat (Wapres AS) Michael R Pence hari ini menuntaskan kunjungan resmi kenegaraannya di Indonesia. Usai menemui para pelaku bisnis di Indonesia, Wapres AS Mike Pence pun bertolak ke Sydney, Australia.

Dalam akun Twitter @VP, Mike Pence menyampaikan rasa terima kasih kepada Indonesia telah menerima kunjungannya selama dua hari.

"Saya amat menantikan upaya membangun kerjasama strategis kita," tulis Mike Pence.

Sumber: Twitter Mike Pence, @VP

Tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu 19 April malam, Wapres AS Mike Pence memulai kunjungan kenegaraan selama dua hari di Indonesia.

Ditemani sang istri, Karen Pence, Wapres Pence bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana, serta berdiskusi tentang isu bilateral dengan Wapres Jusuf Kalla pada Kamis 20 April. Wapres Pence juga mengunjungi Masjid Istiqlal dan berdiskusi dengan para tokoh lintas agama di Indonesia di hari pertama kunjungannya.

Sementara di hari kedua, Wapres AS Mike Pence menghadiri pertemuan dengan para pelaku bisnis dari Indonesia dan AS.

Dalam pertemuan tersebut ditandatangani sejumlah perjanjian kerjasama antara perusahaan Indonesia dengan perusahaan AS yang bergerak di berbagai bidang, terutama energi, pengolahan limbah dan penerbangan. Penandatanganan nota kesepakatan tersebut disaksikan oleh Menteri Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan Kuasa Usaha Kedutaan Besar AS, Brian Mcfeeter.

Pria berusia 57 tahun itu diutus oleh Presiden AS Donald Trump untuk menjalin kemitraan strategis dengan Indonesia. Mike Pence menyebut, penyambutan ramah Pemerintah Indonesia amat berkesan.

“Terima kasih atas keramahtamahannya terhadap keluarga saya, penyambutan yang luar biasa dan berwarna warni, yang kami dapatkan dari semua anak pagi ini. Ini akan menjadi memori sepanjang hayat,” tutur Mike Pence di Istana Merdeka, Jumat 21 April.

Indonesia adalah salah satu negara yang dikunjungi Mike Pence dalam tur Asia Pasifik selain Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Wapres Pence akan mengakhiri tur Asia Pasifiknya di Honolulu, Hawaii, pada Senin 24 April.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x