Akan Hadiri 3 KTT, AS Tegaskan Komitmen Bermitra di Asia Pasifik

Wapres AS Mike Pence bersama Wapres RI Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan pelaku bisnis Indonesia dan AS di Hotel Shangri-La, Jumat 21 April 2017. (Foto: Reuters)

Wapres AS Mike Pence bersama Wapres RI Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan pelaku bisnis Indonesia dan AS di Hotel Shangri-La, Jumat 21 April 2017. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Presiden AS Donald Trump dikonfirmasi akan hadir dalam penyelenggaraan tiga konferensi tingkat tinggi kawasan yang akan digelar dalam waktu dekat. Hal itu kembali disampaikan Wakil Presiden AS Michael Pence pada pertemuan bisnis di Jakarta.

"Presiden Trump akan menghadiri KTT AS-Asean, KTT Asia Timur dan Pertemuan Pemimpin APEC di Vietnam dan Filipina pada November ini," demikian disampaikan Wapres Mike Pence di Hotel Shangri la, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).

Menlu Retno Marsudi menilai, pengumuman tersebut sebagai sebuah penegasan atas komitmen AS terhadap penguatan kemitraan strategis dengan kawasan Asia dan Asia Pasifik.

"Secara resmi diumumkan bahwa Presiden Trump akan hadir dalam KTT-KTT termasuk KTT Asean adalah satu keputusan yang kita sambut baik," kata Menlu Retno.

Lebih lanjut alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengatakan, pengumuman tersebut memiliki arti lebih karena disampaikan di Jakarta, kota di mana Sekretariat ASEAN berlokasi.

"Jadi ini merupakan satu sinyal yang sangat baik buat Indonesia dan kawasan Asia Tenggara," tambahnya.

Indonesia adalah salah satu negara yang dikunjungi Mike Pence dalam tur Asia Pasifik. Dari Jakarta, Wapres Pence langsung terbang ke Sydney, Australia. Ia akan mengakhiri tur Asia Pasifik di Honolulu, Hawaii, pada Senin 24 April.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x