Macron Ungguli Le Pen Jelang Pilpres Prancis

Capres Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

Capres Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS - Calon presiden (capres) Prancis Emmanuel Macron unggul dari rivalnya, Marine Le Pen dalam polling menjelang pilpres Prancis. Minggu 23 April, rakyat Prancis akan menggunakan hak suara mereka dalam pilpres putaran pertama.

Meski demikian, belum ada yang mampu memastikan tempat dalam pemilu putaran kedua pada 7 Mei mendatang. Pasalnya, perolehan suara dalam polling sementara lembaga survei Elabe atas dua kandidat lain, yaitu Francois Fillon dan Jean-Luc Melenchon menunjukkan elektabilitas mereka yang juga kuat.

Reuters, Jumat (21/4/2017) melansir, seandainya Macron dan Le Pen berhasil melaju hingga putaran kedua, Macron, yang merupakan mantan menteri ekonomi itu diproyeksikan memenangi 65 persen suara. Sedangkan Le Pen, kandidat dari sayap kiri, diperkirakan hanya mengantongi 35 persen suara, seperti hasil survei BFM TV dan majalah L'Express.

Capres Prancis Marine Le Pen. (Foto: Reuters)

Berbagai survei tersebut digelar Rabu dan Kami, sebelum inisiden penembakan terjadi di Champs Elysees. Satu polisi meninggal dalam peristiwa tersebut.

Hasil polling menunjukkan, Macron bisa unggul dengan perolehan 24 persen suara pada pilpres putaran pertama. Le Pen sendiri diperkirakan meraih 21,5 persen suara. Angka-angka yang diraih Macron sendiri stabil dalam beberapa survei, sedangkan proyeksi elektabilitas Le Pen menurun hingga 1,5 poin.

Sementara itu, mantan perdana menteri Francois Fillon, secara perlahan mulai kembali meraih simpati. Setelah didera skandal pekerjaan fiktif sang istri, hasil polling-nya naik setengah poin menjadi 20 persen.

Capres Prancis Francois Fillon. (Foto: Reuters)

Melenchon, juga mengantongi kenaikan, bahkan hingga 1,5 poin. Ia meraih 19,5 persen dukungan dalam survei terakhir setelah debat capres Prancis.

Capres Prancis Jean-Luc Melenchon. (Foto: Reuters)

Jika Melenchon berhasil melaju ke putaran kedua, maka ia diperkirakan akan mengalahkan Le Pen dan Fillon secara signifikan. Namun, ia akan kalah dari Macron dan hanya mengantongi 41 persen suara.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x