Image

AL Rusia Merapat ke Filipina untuk Jalani Latihan Gabungan

Inilah kapal peluncur rudal Varyag milik Rusia (Foto: AFP)

Inilah kapal peluncur rudal Varyag milik Rusia (Foto: AFP)

MANILA – Kapal Angkatan Laut (AL) Rusia dikabarkan telah tiba di pelabuhan Filipina untuk menjalani latihan gabungan. Latihan gabungan itu disinyalir menjadi tanda hubungan Filipina-Rusia semakin dekat di bawah kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (21/4/2017), kapal peluncur rudal Varyag tiba di pelabuhan Internasional Manila sambil ditemani kapal tanker bahan bakar Pechenge. Kedua kapal inilah yang AL Rusia turunkan untuk latihan gabungan bersama Filipina.

Direktur Hubungan Masyarakat AL Filipina, Kapten Lued Lincuna, menjelaskan bahwa negaranya berharap belajar banyak dari Rusia ketika latihan gabungan tersebut. Sebab Rusia akan memberikan demonstrasi penggunaan sistem peralatan dan senjata canggih.

Rusia dilaporkan ingin membantu Filipina dalam memerangi perompakan dan ekstremisme yang merajalela. Langkah pendekatan Rusia ini dilakukan usai Filipina perlahan melepaskan diri dari pengaruh Amerika Serikat di Manila dan Duterte tidak segan mengungkapkan kegeramannya terhadap Negeri Paman Sam akibat beragam kritikan yang kerap ditujukan kepadanya.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x