Image

Jelang Long Weekend, Arus Lalin ke Luar Jakarta Mulai Padat

Ilustrasi (Dok.Okezone)

Ilustrasi (Dok.Okezone)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Royke Lumowa mengatakan jajaran kepolisian dari tingkat Mabes Polri hingga ke tingkat polda seperti Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Banten, Polda Jateng, Polda Lampung, dan di-backup oleh Korlantas Polri siap melakukan pengamanan libur panjang Isra Mikraj hingga Senin 24 April 2017.

"Kami akan menyiapkan agar lalu lintas libur yang cukup panjang ini lancar, nyaman, dan masyarakat aman sampai ke tujuan," kata Royke saat berkunjung ke Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (21/4/2017).

Berdasarkan pantauan dari aparat, pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB arus lalu lintas ke luar Jakarta sudah mulai padat. Hal ini, kata Royke terlihat dari pantauan di wilayah Semanggi arah ke barat, arah ke Cawang, Tol Cikampek, dan Tol Jagorawi.

"Kami sudah membagi personel baik ke arah Tol Tangerang, Jagorawi, Cikampek, dan ke arah Cipularang, dan seterusnya arah Cirebon menuju Jateng," katanya.

Adapun titik kemacetan sendiri menurut Royke bertumpuk di tengah kota Jakarta yakni Semanggi.

"Semanggi ke arah Tangerang Tol Kebon Jeruk pasti. Tapi tidak separah Semanggi ke arah timur Cawang dan seterusnya karena dia pecah ke Tol Cikampek dan Tol Jagorawi," katanya.

"Paling krusial adalah Cikampek dan Cikarang Utama. Apalagi sekarang ada titik macet di pintu Cikarang Utama, apalagi ada pekerjaan perbaikan jalan di dua titik setelah Cikarang. Itu yang membuat bertambah kecilnya kapasitas jalan Tol Cikampek," sambungnya.

Untuk mengurangi kemacetan pada saat libur panjang ini, Royke juga mengimbau agar truk angkutan berat tidak beroperasi mulai dari Jumat hingga Senin mendatang. "Karena jika truk minim tentu mengurangi volume lalu lintas itu sendiri," katanya.

(ulu)
Live Streaming
Logo
breaking news x