Jembatan Cipamingkis Ambles, Jalur Mudik Transyogi Akan Dialihkan

Jembatan Cipamungkus ambrol (Foto: BNPB)

Jembatan Cipamungkus ambrol (Foto: BNPB)

BOGOR – Pasca-amblasnya Jembatan Cipamingkis di Kampung Jagaita, Desa/Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, jalur mudik Lebaran Transyogi akan dialihkan.

Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah 1 Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Jawa Barat, Yongga Bhakti mengatakan, proses perbaikan Jembatan Cipamingkis akan memakan waktu cukup lama.

Kemungkinan besar, perbaikan jembatan yang merupakan salah satu jalur mudik ini tidak terkejar. Bahkan, jika diperbaiki sekarang, diperkirakan baru selesai pada Oktober-November.

"Jembatan ini ada di jalur Transyogi, salah satu jalan yang padat atau jalur mudik Lebaran nanti yang arah ke Cianjur atau ke Bandung," kata Yongga, Jumat (21/4/2017).

Untuk itu, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor dan pihak terkait lainnya memutuskan jalur mudik Lebaran nanti yang melalui Jembatan Cipamingkis akan dialihkan.

"Kerusakannya cukup serius, kita tidak bisa melakukan penanganan darurat lalu lintas. Kita perlu waktu, karena pilar kita ketinggiannya 15 meter. Struktur harus kita cek semua," jelasnya.

Begitu juga jika memasang jembatan darurat di atas jembatan ini, tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa. Hal itu dikarenakan bentang jembatan yang terlalu panjang mencapai 60 meter.

"Jadi keputusannya kita tutup sampai selesai penanganannya. Kalau konstruksi bisa kita hitung kembali minimal perlu waktu enam bulan," paparnya.

Sebagai alternatif, kendaraan dari arah Cileungsi dapat masuk melalui Cibucil-Cibarusa-Jaga Tamu-Cariu. Sedangkan dari Cianjur bisa lewat sini atau melalui Kerawang lewat Pangkalan Teluk Jambe.

Yongga menambahkan, Jembatan Cipamingkis ambles sekira 1,6 meter akibat tanah yang tergerus air. Penyebabnya karena saluran air di 100 meter di depan jembatan tersebut jebol.

"Sudah kita antisipasi. Kita ada program penanganan yang jebol ini dengan alokasi dana APBD Pemprov Jabar sebesar Rp7 miliar. Tapi masih proses tender, tapi kini ada kejadian ini," katanya.

Akibatnya, fondasi jembatan itu terus terkikis air hingga ambles. "Gerowong jadi turun dihantam air. Sekarang masih kita observasi lebih dalam, masih turun lagi atau tidak," tutupnya.

(ulu)
Live Streaming
Logo
breaking news x