Program Jelajah 3ENDS Lebarkan Sayap hingga Makassar

SETELAH meraih kesuksesan besar di Jailolo, Bangka Belitung, Bandung 2016 lalu, Jelajah 3ENDS kembali digelar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Program unggulan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak ini rencananya akan dilaksanakan pada 21 - 23 April 2017.

Seperti event-event sebelumnya, Jelajah 3 ENDS akan kembali membicarakan dua isu utama yakni, gender dan hak anak. Tujuannya adalah untuk mengakhir 3 persoalan perempuan dan anak, mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengakhiri perdagangan manusia, serta mengakhiri ketidakadilan akses ekonomi terhadap perempuan.

"Yang saya lakukan untuk memajukan kaum perempuan Indonesia, salah satunya adalah dengan mencanangkan program unggulan 3ENDS," tutur Yohana Yambise, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Wanita yang akrab disapa Mama Yo ini menjelaskan, program ini akan menyentuh serta menampung aspirasi masyarakat hingga ke tataran grass root.


"Untuk itu marilah kita gaungkan program ini ke seluruh pelosok Indonesia agar kaum perempuan Indonesia terbebas dari kekerasan, diskriminasi, eksploitasi dan perlakuan salah lainnya," tuturnya.

Jelajah 3ENDS pemilihan kota Makassar sendiri didasari oleh sejumlah fakta mengejutkan seperti masih tingginya angka kasus perempuan dan anak di kota tersebut.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, pada 2016 lalu total kasus kekerasan perempuan dan anak di kota tersebut mencapai 1172 kasus.

Pada kesempatan kali ini ada sejumlah agenda yang akan mewarnai rangkaian Jelajah 3ENDS di Makassar. Salah satu diantaranya adalah kegiatan seminar bertema "Membangun Perspektif Polisi Yang Responsif Gender".

Seminar akan diisi oleh sejumlah tokoh inspiratif seperti Rahmawati (aktivis anti pernikahan dini), Makmur (aktivis anak), Sugi (Polsek Talo),  Lenny N.Rosalin (Plt. Sesmen PPPA), serta Dir Reskrim Umum Polda Sulsel, dan Wali kota Makassar.

Tidak hanya itu, rangkaian acara juga akan dimeriahkan oleh kegiatan senam massal bersama Menteri Yohana Yambise, kunjungan ke shelter warga dan Yayasan Kalla, pembacaan deklarasi yang akan dilakukan 24 Polres Kabupaten/Kota, serta penandatanganan PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga).

(fmi)
Live Streaming
Logo
breaking news x