Image

Duh, Dana BOS untuk SMA/SMK Belum Cair

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

CIKARANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membenarkan masalah anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum cair untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

"Dengan belum cairnya anggaran BOS mengakibatkan gaji sejumlah guru tingkat SMA dan SMK belum dapat dibayarkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Supratman, Jumat (21/4/2017).

Menurut dia, untuk saat ini pengelolaan SMA dan SMK sesuai regulasi Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Manajemen SMA dan SMK se-Kota/Kabupaten, kewenangannya diambil alih Pemprov.

Dengan adanya acuan itu pemerintah ditingkat kabupaten dan kota sudah tidak memiliki fungsi tetap dalam pengelolaan. Jadi secara keseluruhannya dialihkan kepada provinsi.

Namun dengan adanya masalah ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi hanya dapat mengkomunikasikan kepada yang mempunyai kewenangan. Ini tentunya mengingatkan agar dana BOS dan gaji guru untuk segera dicairkan. Dikarenakan kewenangan lebih dimiliki oleh Pemprov Jawa Barat.

"Dan meminta untuk profesional jangan mengorbankan pegawainya hanya harus menunggu kepengurusan surat-surat selesai dan mereka (guru) harus menunggu. Tentu itu salah dan tidak seperti itu," katanya.

Ia menambahkan dalam masalah ini Kabupaten Bekasi tidak mengetahui alasan pasti Pemprov Jawa Barat belum mengeluarkan anggaran itu.

Sebab, bila mempermasalahkan proses alih kelola yang memakan waktu lama, tentu hal itu sudah rampung dan terkesan kurang profesional.

"Proses pencairannya dari Pemprov. Mungkin karena yang pertama banyak yang harus dilengkapi dahulu. Kalau proses alih kelola sudah selesai semua," katanya.

Supratman berharap para guru dan pihak sekolah dapat bersabar. Dan Pemerintah Kabupaten Bekasi hanya dapat menjembatani dan bertanya tentang keterlambatan pembayaran gaji maupun dana BOS.

Namun tidak dapat menuntut untuk segera melakukan pencairan. Bilamana dilakukan akan melanggar batas-batas ketentuan.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x