Kartini era Kekinian di Mata Mahasiswa

Zunita dkk saat berkunjung ke Redaksi Okezone

Zunita dkk saat berkunjung ke Redaksi Okezone

JAKARTA - 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Berbicara sosok Kartini tak lepas dari perjuanganya dalam kesetaraan gender antara wanita dan pria.

Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Zunita, mengatakan peran Kartini sudah bisa terlihat saat ini dengan semakin banyaknya wanita Indonesia yang mendapatkan pekerjaan dan jabatan yang banyak dipegang oleh kaum adam. Menurutnya, Kartini era saat ini adalah para wanita yang bisa mengaplikasikan semangat Kartini dengan hadir di berbagai profesi.

"Berbagai jabatan atau pekerjaan mulai dari pilot, direktur, dokter, menteri bahkan presiden sudah ada yang diperankan oleh wanita," ujarnya kepada Okezone, Jumat (21/4/2017).

Tak mau kalah dengan semangat Kartini, Zunita pun turut serta mengamalkan semangat Kartini meski masih duduk di bangku kuliah. Salah satunya dengan belajar dan berperan aktif dalam kegiatan kampus yang bermanfaat.

"Jadi belajar tidak hanya di dapur, tetapi juga bisa di perguruan tinggi," tuturnya.

Bahkan, menurutnya, kecerdasan wanita saat ini melebihi kaum laki-laki. "Kebanyakan wanita lebih unggul dari laki-laki dalam prestasi," tuturnya.

Dia pun berpesan agar para wanita di Indonesia tak hanya menjadi objek dalam kehidupan bangsa, namun juga harus menjadi subjek bangsa.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x