Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Foto: Dok UNY

Foto: Dok UNY

JAKARTA - Tak banyak yang memahami bahwa suhu lingkungan air berpengaruh terhadap nafsu makan ikan. Jika waktu memberi pakan tak tepat, maka pakan tersebut tidak akan dimakan sehingga menyebabkan kualitas air menurun.

Masalah selanjutnya, yakni pemberian pakan dengan cara menyebar dengan tangan kurang efektif. Oleh sebab itu, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan sebuah inovasi berupa alat pemberi pakan ikan otomatis berbasis mikrokontroler.

Alat buatan Dyah Ayu Pratiwi, Ilham Surfani, Aris Munandar, Ageng Widi Atmoko, Yanna Anggraini Pratiwi, Ria Oktaviani, dan Aan Yuliyanti ini diberi nama Astrover. Cara kerja alat ini berdasarkan pada respon suhu dengan sistem penyebaran sentrifugal.

"Tampilan Astrover terdiri dari opsi waktu, suhu, dan rentang lamanya proses pemberian pakan. Display suhu digunakan untuk mengetahui kondisi suhu secara real time, display rentang pakan tepat di bawah display suhu berfungsi agar pengguna bisa mengatur lamanya proses pemberian pakan," papar Ketua Tim, Dyah Ayu Pratiwi, dikutip dari laman UNY, Sabtu (22/4/2017).

Dyah menjelaskan, alat ini memiliki kapasitas pakan sebanyak enam liter atau setara dengan 3,3 kilogram pelet ikan dengan dimensi pelet panjangnya 6 mm. Proses pemberian pakan berlangsung selama 4,9 menit dengan daya 60 Watt.

"Adapun jangkauan maksimum penyebaran pakan, yakni kurang lebih 30 meter. Dengan alat ini, penyebaran pakan cenderung merata," ucapnya.

Saat ini, lanjut Dyah, Astrover sudah siap jual. Namun, masih perlu penambahan kapasitas pakan sehingga bisa membantu petani ikan dalam meminimalisir sumber daya serta menurunkan potensi penyakit ikan akibat kualitas air yang turun.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x