Penting, 5 Kroscek Sebelum Mengirimkan Lamaran Kerja

Foto: Shutterstock

Foto: Shutterstock

JAKARTA - Melamar kerja kini semakin mudah, yakni dengan memasukkan aplikasi secara online atau dengan mengirimkan berkas ke e-mail perusahaan. Sayangnya, tak sedikit job seeker yang ceroboh sehingga aplikasi lamaran yang dikirimkan tidak sesuai harapan.

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, sebaiknya teliti terlebih dahulu apakah dokumen sudah benar-benar lengkap. Dilansir dari USA Today, berikut lima kroscek yang sebaiknya dilakukan.

1. Ejaan

Baca kembali surat lamaram beserta dokumen pendukung. Jangan sampai ada yang salah ketik atau typo. Jika perlu, minta bantuan orang lain untuk membantu meneliti setiap ejaan dalam penulisan.

2. Tata Bahasa

Pastikan tidak ada kesalahan dalam tata bahasa, terutama jika lamaran kerjamu dituliskan dengan bahasa Inggris. Tata bahasa yang tepat tidak hanya untuk mereka yang melamar sebagai editor atau jurnalis, tetapi untuk semua profesi. Sebab, hal ini akan membuktikan bahwa kamu adalah pribadi yang teliti dan detail.

3. Fakta

Semua informasi dalam lamaran kerja harus dituliskan dengan benar. Apalagi, jika kamu melamar ke banyak tempat, pastikan tidak tertukar satu sama lain. Yang terpenting, lampirkan nomor telefon dan alamat e-mail dengan benar supaya perusahaan bisa menghubungimu.

4. Instruksi

Baca kembali instruksi yang tertera pada lamaran kerja. Misalnya, jika file yang dilampirkan harus berupa PDF, maka jangan sampai kamu lupa untuk mengubahnya. Meski spele, kesalahan kecil ini bisa membuat aplikasimu tidak diperhitungkan.

5. Lampiran

Pastikan bahwa semua lampiran yang diminta lengkap. Portofolio menjadi salah satu berkas penting. Cek lagi apakah file-file yang dilampirkan bisa dibuka dengan sempurna. Jika menyertakan link, pastikan dapat diakses sehingga bisa memuluskanmu untuk dipanggil pada tahap wawancara.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x